Home Kasongan Upaya Menurunkan Hujan, Polres Katingan Gelar Sholat Istisqo dan Doa Bersama Lintas...

Upaya Menurunkan Hujan, Polres Katingan Gelar Sholat Istisqo dan Doa Bersama Lintas Agama

25
0
SHARE

    Katingan- Musim kemarau panjang, menyusahkan beberapa wilayah di Kalimatan Tengah sampai mengalami kekeringan, sehingga berapa wilayah yang juga mengalami kebakaran hutan dan lahan.

    Polres Katingan mengadakan munajat untuk meminta hujan turun, dengan menggelar kegiatan sholat Istisqo dan Doa Bersama yang dilakukan di halaman Polres Katingan, Jalan Bhayangkara nomor 01 Desa Hampalit, Kereng Pangi, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, Rabu (18/9)

    Sholat Istisqo ini diikuti oleh Waka Polres Katingan Kompol OK. Azhar, S.E., beserta PJU dan seluruh anggota Polres Katingan yang beragama Muslim, Pengurus dan anggota Bhayangkari Cabang Katingan, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pelajar serta Masyarakat yang ada di sekitar Desa Hampalit Kereng Pangi dengan total jemaah sebanyak 1.000 orang.

    Kapolres Katingan AKBP E. Dharma B. Ginting, S.H., S.I.K., M.H., mengatakan,  kegiatan Sholat Istisqo yang di gelar hari ini dilakukan secara serentak sampai ke jajaran Polsek dan juga di laksanakan penggelaran doa bersama lintas agama minta hujan oleh Lintas Agama baik oleh Umat Kristiani dan Umat Hindu Kaharingan yang ada di Kabupaten Katingan.

    “Pelaksanaan sholat Istisqo dan Doa Bersama Lintas Agama ini bertujuan untuk meminta turunnya hujan mengingat saat ini khususnya di Kabupaten Katingan sedang mengalami musim kemarau dan banyaknya kebakaran hutan dan lahan sehingga menyebabkan kabut asap tebal yang berdampak pada kesehatan, sehingga dengan adanya sholat Istisqo ini dapat segera turun hujan untuk membantu memecahkan masalah kekeringan terlebih khususnya masalah kabut asap akibat dari maraknya terjadi karhutla,” jelas Kapolres.

    Bertindak selaku Imam sholat Istisqo adalah H. Bharianoor dan Khotib adalah Guru H. Sanhuri. Sebelum dilaksanakan sholat Istisqo diawali dengan pembacaan surat Istiqfar dan pemberitahuan tata cara maupun bacaan dalam sholat Istisqo.

    Saat ceramah agama, Ustadz Guru H. Sanhuri mengingatkan kepada para kaum Muslimin tentang 5 (lima) hal turunya bala/kesialan kepada umat di dunia, yaitu diantaranya adalah berkembangan atau merajalelanya kemaksiatan/zinah serta lalainya umat muslimin akan kewajibannya.

    “Masyarakat khususnya kaum muslimin yang ada di Kabupaten Katingan agar selalu mengingat kepada sang pencipta Allah SWT serta menjauhi semua larangannya,” ajak sang Khotib.

    Pelaksanaan sholat Istisqo dan Doa Bersama Lintas agama minta turun hujan ini dilaksanakan bersinergi Polres Katingan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan, sebagai upaya pemerintah mengatasi kemarau panjang sehingga terjadi Karhutla, karena sebagai umat beragama kita wajib meminta dan memohon pertolongan Allah SWT untuk bisa menurunkan hujan untuk memadamkan api karhutla yang banyak terjadi di Kalimantan Tengah, khususnya di Kabupaten Katingan.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here