Home Kasongan Polres Katingan Bantu Pendinginan Lahan Terbakar

Polres Katingan Bantu Pendinginan Lahan Terbakar

36
0
SHARE

    Katingan- Upaya pemadaman dan pendinginan Karhutla di kabupaten Katingan terus dilakukan petugas gabungan siaga Karhutla Katingan yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Satpol PP, Damkar dan masyarakat peduli api (MPA).

    Seperti halnya di Jalan Padat Karya Desa Talian Kereng, Kecamatan Katingan Hilir, Personel Satgas Karhutla Polres Katingan masih terus melakukan upaya pemadaman dan pendinginan sejumlah titik di lokasi tersebut.

    Hal ini diungkap Kapolres Katingan AKBP E. Dharma B. Ginting, S.H., S.I.K., M.H, melalui Kabagops Katingan Kompol Arifin, S.E., S.Kom, Senin (9/8) siang, menyampaikan upaya pemadaman dan pendinginan terus dilakukan Satgas bahkan dilakukan hingga malam hari.

    Ada beberapa titik Karhutla yang ada di wilayah Kecamatan Hilir tersebut diantaranya di Desa Talian Kereng, jalan Gembala dan Jalan Pembangunan Km.3,5 Desa Hampalit. Kemudian Tasik Serai Barat, Tasik Serai Timur Kecamatan Tualang Mandau dan Muara Dua Kecamatan Siak Kecil.

    “Selain patroli hot spot, kita juga mensosialisasikam maklumat Kapolda Kalteng tentang sanksi pidana bagi pelaku Karhutla kepada masyarakat agar tidak membakar lahan,” tandasnya.

    Sementara alat yang digunakan untuk pendinginan di jalan Gembala, desa Hampalit, yakni satu unit mesin air sibahura dan satu unit mesin air ribbin milik BPBD, serta heli water bombing milik BNPB Provinsi Kalteng.

    “Selain itu, kita juga mengimbau masyarakat agar sama sama menjaga lahan dan secepat mungkin memberikan informasi jika ada titik api, memasang police line, memeriksa saksi saksi yang mengetahui sumber awal titik api bersama perangkat desa dan tokoh masyarakat,” tukasnya.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here