Home Lintas Kalteng Asap Karhutla Selimuti Kandang, Peternak Ayam Potong Rugi Puluhan Juta Setiap Harinya

Asap Karhutla Selimuti Kandang, Peternak Ayam Potong Rugi Puluhan Juta Setiap Harinya

342
0
SHARE

    Kotawaringin Barat- Imbas kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di dekat peternakan ayam potong di Sungai Sintuk, kecamatan Kumai, kabupaten Kotawaringin Barat, menyebabkan kematian ayam sebelum masa panen. Kandang-kandang yang berisi kurang lebih 15 ribu ayam potong ini sudah tiga hari diselimuti kabut asap tebal.

    Menurut Adit Sumantri, Kepala Peternakan, bahwa semenjak kabut asap tebal menyelimuti wilayah peternakan, sekitar 40 hingga 50 ayam mati setiap harinya. “Kerugian besar yang menimpa kami para peternak sejak seringnya terjadi Karhutla di wilayah Kobar. Mau mengadu kemana lagi kami, kalau sudah begini. Puluhan juta setiap harinya,” jelasnya.

    Untuk mencegah kebakaran lahan merembet ke peternakan, Adit meminta pegawainya untuk memangkas semak belukar di sekitar peternakan. “Kami hanya bias melakukan pencegahan agar kebakaran tidak merembet ke tempat kami. Ini hanya antisipasi jangka pendek saja,” tegasnya.

    Peternak berharap pemerintah segera mungkin bias memadamkan Karhutla yang terjadi di wilayah Kobar, karena selain mengganggu aktivitas warga juga menyebabkan kerugian di beberapa usaha.(JBR)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here