Home Lintas Kalteng Menkopolhukam Tegaskan Kebakaran Lahan Merupakan Ulah Manusia

Menkopolhukam Tegaskan Kebakaran Lahan Merupakan Ulah Manusia

23
0
SHARE

    Palangkaraya- Rombongan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, serta Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, tiba di kota Palangkaraya, Jumat (23/8), pukul 08.40 WIB.

    Bertempat di bandara Tjilik Riwut, mereka melakukan rapat teknis membahas karhula yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir di Kalimantan Tengah khususnya di kota Palangkaraya.

    Ratek yang dihadiri pejabat tinggi negara lainnya juga dihadiri sejumlah pejabat pemerintah propinsi Kalimantan Tengah, diantaranya Gubernur Sugianto Sabran, Danrem 102/PJG, Kapolda Kalteng serta stakeholder dan tim yang terkait dalam Satgas Karhutla.

    Selanjutnya rombongan menuju salah satu kebakaran lahan gambut di kota Palangkaraya yang berlokasi di jalan Soekarno. Di lokasi kebakaran ini, Wiranto sempat memberi penjelasan terkait kebakaran lahan yang terjadi ini bukanlah karena faktor alam, melainkan ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

    “Kalau petani sudah pintar melakukan pindah ladang dan tidak membakar, berarti ini adalah ulah manusia, dan kejadian kebakaran yang berada di pinggir jalan, dekat dari kompleks kantor pemerintahan, dekat dengan permukiman warga serta tidak jauh dari kantor BPBD, berarti pelakunya harus dicari dan ditindak tegas,” pungkas Wiranto.

    Wiranto juga menyaksikan salah satu fungsi alat yang biasa digunakan baik sebagai pembasahan juga untuk pendinginan pada lahan gambut yang terbakar.

    Rombongan pun meninggalkan lokasi kebakaran tersebut dan menuju Masjid Darul Arqam Universitas Muhammaddiyah Palangkaraya, guna melakukan sholat Jumat bersama-sama rombongan lainnya.(RMD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here