Home Lintas Kalteng GAPKI Kalteng Berperan Aktif Cegah Bahaya Kebakaran Lahan

GAPKI Kalteng Berperan Aktif Cegah Bahaya Kebakaran Lahan

41
0
SHARE

    Kotawaringin Barat-  Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Kalimantan Tengah berkomitmen penuh terhadap upaya-upaya pencegahan maupun penanganan bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). “Semoga peran serta GAPKI turut membantu terwujudnya Kalteng bebas asap kebakaran lahan,” kata Dwi Dharmawan, Sekretaris GAPKI Kalteng, Kamis (22/8).

    Asosiasi yang beranggotakan perusahaan-perusahaan kelapa sawit di Kalteng itu bahkan telah mengeluarkan surat himbauan untuk dilaksanakan secara sungguh-sungguh oleh semua anggotanya.

    Surat tersebut menghimbau agar anggota GAPKI Kalteng untuk melakukan pencegahan kebakaran, menyiapkan sarana dan prasarana, pelatihan, sosialisasi, penyadartahuan secara internal kepada karyawan, kontraktor dan secara eksternal kepada masyarakat serta pihak-pihak terkait.

    GAPKI Kalteng juga telah melakukan kegiatan-kegiatan pengendalian kebakaran, baik melalui Perkebunan Besar Swasta (PBS), anggota maupun melalui kesekretariatan GAPKI Kalteng. Misalnya, keterlibatan GAPKI Kalteng dalam apel bersama di kantor Gubernur Kalteng, latihan bersama, rapat koordinasi penentuan kondisi darurat kebakaran Kalteng, apel siaga kebakaran di masing-masing PBS, dan berpartisipasi memberikan konsumsi dan kacamata kepada personel Satgas Karhutla Kalteng.

    Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Penanggulangan Kebakaran (BPB-PK) Kalteng Mufid Saptono memberikan apresiasi dan terima kasih kepada GAPKI Kalteng atas dukunganganya dalam pencegahan kebakaran melalui bantuan konsumsi dan penyediaan kacamata safety untuk operasional di lapangan. Bantuan tersebut akan didistribusikan kepada tim gabungan karhutla Kalteng yang ada di lapangan. Penyerahan dilakukan di kantor pusat operasi BPB-PK Kalimantan Tengah di Palangkaraya, 21 Agustus 2019.

    “Semoga bantuan konsumsi dan kacamata memberikan manfaat dalam upaya pencegahan kebakaran di wilayah Kalimantan Tengah umumnya dan Kota Palangkaraya pada khususnya,” kata Dwi Dharmawan.(JBR)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here