Home Kasongan Karhutla Meradang, Kabut Asap Ganggu Aktivitas Warga Katingan

Karhutla Meradang, Kabut Asap Ganggu Aktivitas Warga Katingan

19
0
SHARE

    Katingan- Puluhan hektare lahan gambut terbakar di perbatasan desa Talingke dan desa Asem Kubang, kecamatan Kamipang. Hingga hari ini (13/8), sudah tiga hari api terus berkobar dan menghanguskan lahan tersebut. Petugas BPBD bekerja sama dengan Polisi dan TNI melakukan pemadaman. Tak hanya itu, pihak perusahaan kelapa sawit pun menurunkan alat berat untuk membuat parit pembatas agar kebakaran tidak meluas.

    Selama proses pemadaman, pihak BPBD kabupaten Katingan mengalami kendala di lapangan, karena sumber air yang terbatas dan hanya menggunakan mesin seadanya. Mobil pemadam kebakaran yang digunakan tida bisa mecapai titik api karena tidak memiliki akses jalan.

    “Kesulitan melakukan pemadaman karena lokasi yang terbakar jauh sumber air. Pihaknya terus berupaya melakukan pemadaman sampai titik api benar-benar mati. Banyak semak belukar yang sudah kering, sehingga api sampai di tepian jalan Baun Bango, para pengguna jalan sangat kesulitan di saat melintasi jalan tersebut,” jelas Arifin, Ketua Tim BPBD Katingan.

    Kebakaran lahan ditambah dengan titik api yamg terus terdeteksi,  kabupaten Katingan mulai diselimuti kabut asap. Saat pagi hari, bau asap sangat kuat dan jarak pandang di pagi hari hanya berjarak 100 meter.  “Jarak pandang sangat membahayakan pengguna jalan. Belum lagi asap mengganggu aktivitas warga,” jelas Arif, pengguna jalan.(AJS)

     

     

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here