Home Nasional Karhutla Makin Meluas, BPBD Pulpis Minta Bantuan Water Bombing

Karhutla Makin Meluas, BPBD Pulpis Minta Bantuan Water Bombing

51
0
SHARE

    Pulang Pisau- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di desa Taruna Jaya merambah ke desa lainnya yaitu desa Pandi Batu, kecamatan Jabiren, kabupaten Pulang Pisau hinggw saat ini belum bisa padam.

    Berdasarkan pantauan udara yang dilakukan tim Satgas Karhutla Pulang Pisau menyimpulkan masih banyaknya titik api yang perlu ditangani melalui penyiraman lewat udara dengan heli waterbombing//

    Lasnya areal yang terbakar akibat sulitnya akses untuk menjangkau lokasi kebakaran tersebut. Hal ini membuat penyebaran titik api semakin luas dan sulit dipadamkan.

    “Kendala penanganan yang melalui jalur darat yang membutuhkan tenaga ekstra untuk mengangkut alat mesin serta peralatan lainnya dan waktu berjam-jam untuk sampai di satu lokasi membuat lambatnya melakukan pemadaman”, jelas Salahuddin, Kepala Pelaksana BPBD Pulpis.

    Menurut Salahuddin, banyaknya sebaran titik api yang hingga saat ini belum bisa padam menyebabkan kabut asap menyelimuti kabupaten Pulang Pisau dan sekitarnya juga menyebar hingga ke kota Palangkaraya.

    “Semakin meluasnya titik api yang sulit dijangkau lewat jalur darat ini, sehingga tim Satgas Karhutla kabupaten Pulang Pisau akan melakukan koordinasi dengan pihak BPBD Provinsi untuk dilakukan penyiraman lewat udara atau water bombing”, tutupnya.(RMD/AGN)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here