Home Lintas Kalteng Kapuas dan Gunungmas Belum Tetapkan Caleg Terpilih

Kapuas dan Gunungmas Belum Tetapkan Caleg Terpilih

115
0
SHARE

    Palangkaraya- Dua Kabupaten di Provinsi Kalimantan Tengah yakni Kabupaten Kapuas dan Gunungmas, hingga, Kamis (8/8) belum menetapkan calon legislatif terpilih dalam Pemilu Legislatif tahun 2019 lantaran adanya gugatan dari calon tertentu.

    Masa jabatan anggota DPRD yang lama akan berakhir pada akhir Bulan Agustus 2019 ini, sehingga penetapan calon anggota legislatif yang baru selayaknya dilakukan dengan segera, karena waktu yang sempit dengan masa berakhirnya jabatan anggota DPRD lama.

    Ketua Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Tengah, Harmain Ibrohim, membenarkan ada dua kabupaten yang belum melakukan penetapan caleg terpilih hasil Pileg 2019 yang lalu, karena alasan masih adanya gugatan hukum terhadap hasil pileg.

    “Mamang keterlambatan itu, karena masih ada caleg yang menggugat sehingga proses penetapan sempat tertunda, karena menunggu proses hukum yang dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku, tetapi MK sudah menolak gugatan mereka sehingga penetapan bisa segera dilakukan,” ujarnya.

    Menurut dia, KPU Kalteng sudah memanggil Ketua KPU Gunungmas dan Ketua KPU Kapuas terkait belum ditetapkannya caleg terpilih tersebut dan meminta agar segera dilakukan penetapan calon anggota legislatif terpilih untuk dua kabupaten tersebut.

    “Saya sudah perintahkan mereka agar segera melakukan penetapan caleg terpilih, saat ini masih dalam proses, karena untuk proses gugatan sudah ada keputusan penolakam dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan tersebut,” tutupnya.(RED)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here