Home Lintas Kalteng Asap Karhutla Kepung Palangkaraya, Waspada Penyakit ISPA Mengintai

Asap Karhutla Kepung Palangkaraya, Waspada Penyakit ISPA Mengintai

105
0
SHARE

    Palangkaraya- Semakin banyaknya titik kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Tengah, khususnya Palangkaraya, mulai menimbulkan efek negatif bagi masyarakat. Laporan kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang diderita masyarajat meningkatvdrastis setiap harinya, bahkan lebih tinggi dibandingkan laporan tahun lalu.

    Di bulan Juli berjalan saja, angka penderita ISPA yang melakukan perawatan di Puskesmas Bukit Hindu mencapai 136 pasien. Bahkan di akhir bulan Juli ada kenaikan yang signifikan, dengan rata-rata pasien anak-anak dan dewasa.

    Tapi hal tersebut jauh berbeda dengan pernyataan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangkaraya, bahwa ISPA belum secara signifikan kasusnya.

    “Kualitas udara yang buruk, rentan menimbulkan ISPA terutama untuk anak-anak. Hingga akhir Kuli, tercatat sudah 149 pasien yang berobat akibat penyakit tersebut,” jelas Indayati M. Dewi, penanggung jawab ISPA Piskesmas Bukit Hindu.

    “Kalau pagi hari kabut asap sangat p3kat, membuat dada terasa sesak. Begitu juga untuk sore hari. Kami sudah menggunakan masker, tapi tetap saja asap akibat Karhutla tembus,” ungkap Batarung, warga Palangkaraya.

    Warga berharap pemerintah segera mencari solusi untuk mencegah makin maraknya kebakaran lahan.

    Hingga hari ini, Selasa (30/7) sejumlah titik api masih terpantau di beberapa wilayah Kalimantan Tengah. Tim Satgas Karhutla masih terus berupaya memadamkan api.(AGS/RMD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here