Home Nasional RI Ekspor Sarang Burung Walet Rp 500 Miliar ke China

RI Ekspor Sarang Burung Walet Rp 500 Miliar ke China

68
0
SHARE

    Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) hari ini melepas ekspor 10 ton sarang burung walet ke China. Sebanyak 10 ton sarang burung walet tersebut merupakan produksi PT Tong Heng Investment Indonesia.

    “Barusan kita saksikan penandatanganan kontrak ekspor sarang burung walet antara PT Tong Heng Investment Indonesia dengan Quanzhou Yuyan Family Biotechnology Co., Ltd dan Xiamen Fuen Imp & Exp Co., Ltd,” kata Plh Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Veri Anggrijono, di Restoran Nelayan Indonesia, Jakarta Utara, Jumat (19/7).

    Produk yang diekspor ini merupakan sarang burung walet olahan yang sudah siap konsumsi. Nilai eksporny mencapai Rp 500 miliar.

    “10 ton ini nilai ekspor Rp 500 miliar,” tutur Veri.

    Untuk masuk ke pasar China, sarang burung walet Indonesia harus melalui memenuhi persyaratan kebersihan, karantina, dan pemeriksaan untuk importasi.

    Selain itu, diperlukan sertifikasi Certification and Accreditation Administration of the People’s Republic of China (CNCA). Dengan begitu baru 21 perusahaan di Indonesia yang telah mendapatkan sertifikasi tersebut sehingga dapat melakukan ekspor ke China.

    “Kemendag mengapresiasi PT Tong Heng Invesment Indonesia yang turut berkontribusi dalam meningkatkan devisa ekspor nasional Indonesia. Diharapkan, hal ini dapat diikuti perusahaan Indonesia lainnya,” pungkasnya.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here