Home Wisata dan Kuliner 10 Tempat Wisata di Katingan

10 Tempat Wisata di Katingan

340
0
SHARE

    Katingan- Katingan merupakan saah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan tengah. Kabupaten ini Beribukota di Kasongan. Provinsi Kalimantan Tengah memiliki banyak tempat wisata yang laya untuk kalian kunjungi. Dan sebagian tempat wisata itu berada Kabupaten Katingan. Tempat wisata apa saja yang berada di Katingan? Kali ini akan kita bahas. Semoga bisa menjadi pertimbangan kalian untuk berlibur saat mengunjungi Katingan.

    Air Terjun Beruang


    Sumber: Google

    Air terjun ini bisa kalian kunjungi jika kalian sedang berada di Katingan. Karena Air terjun ini berada di kaki gunung, makanya airnya sangat jernih. Selain itu, udara disini juga sangat segar. Sehingga cocok bagi kalian yang ingi bersantai sambil menikmati kesegaran air langsung dari puncak gunung.

    Bendungan Sungai Sala


    Sumber: Google

    Bagi kalian yang ingin menacari spot untuk memancing, tidak ada salahnya kalian memancing di bendungan Sungai Sala ini. Bendungan ini terkenal dengan bendungan yang sangat luas. Dan kawasan di sekitar bendungan tanami pepohonan oleh pengelola bendungan, dengan tujuan agar tampak hijau dan asri, dan menyejukkan bagi para pengunjung.

    Air Terjun Habangoi


    Sumber: Google

    Air terjun Habongai merupakan air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional Bukit Bata Bukit Baka. Sekaligus berada di pinggiran Gunung Bukit Raya. Air terjun ini sangat cocok bagi kalian yang ingin menikmati suasana pegunungan, dengan ditemani dengan gemercik air yang jatuh dari ketinggian. Sehinggga menambah kesan santai kalian.

    Bukit Batu


    Sumber: Google

    Wisata bukit batu di Kabupaten Katingan ini merupakan tempat wisata yang sudah lama ada. Dan merupakan mascot wisata bagi Kabupaten Katingan. Fasilitas yan tersedia masih terawat dengan baik disini. Karena konon tempat ini merupakan tempat semedi salah satu pahlawan dari Kalimantan, maka tempat ini menjadi dikeramatkan. Hal yang sebaiknya tidak dilakukan disini adalah berbicara kotor, dan juga menyembah salah satu untuk meminta kesejahteraan hidup.

    Bukit Bulan


    Sumber: Instagram @rahimsaipul

    Bukit Bulan bisa menjadi salahsatu destinasi yang bisa kalian kunjungi. Bukit ini berada di kawasan Taman Nasional Subangau. Jadi keindahan flora dan fauna di Bukit ini mash terjaga dengan baik. Tidak hanya itu, di Bukit Bulan juga menjadi penangkaran untuk sarang lebah madu. Jadi Tak heran Kecamatan ini menjadi salah satu penghsil madu terbaik.

    Bundaran Durian


    Sumber: Instagram @leonelchristian

    Bagi kalian yang sedang berkunjung ke Kalimantan Tengah, Khusunya di Kabupaten Katingan, tidak ada salahnya kalian mengunjungi Bundaran Durian. Bundaran ini dibuat sebagai symbol karena Kabupaten Katingan merupakan salah satu penghasil Durian terbaik yang pernah ada. Maka dari itu, pemeritah membangun Bundaran Durian sebagai ikon Bagi Kabupaten Katingan.

    Bundaran Tjilik Riwut


    Sumber: Instagram @pky_ig

    Monumen Tjilik Riwut ini merupakan salah satu monumen yang bertujuan untuk mengenang salah satu Pahlawan yan berasal Dari Kabupaten Katingan, yaitu Tjilik Riwut. Patung setinggi 25 meter ini berada tepat di depan Kantor Bupati Kantingan. Selain Bukit Batu, Bundaran Durian, Bundaran Tjilik Riwut ini juga menajdi landmark Kabupaten Kantingan. Jaid tidak ada salahnya kalian menunjungi bundaran ini.

    Danau Biru


    Sumber: Google

    Kabupaten Katingan selain terkenal dengan wisata alamnya, di Kabupaten Katingan juga ada wisata buatan manusia, yaitu Danau Biru. Danau ini awalnya adalah tempat tambang yang menghasilkan kubangan yang cukup luas. Setelah dibiarkan sekian lama, Kubangan tersebut menjadi danau, dan airnya pun sangat jernih, berwarna biru segar. Danau ini berada di Kecamatan Tawang Sangalang.

    Danau Bulat


    Sumber: Instagram @pangkakena

    Danau Bulat ini berada di Kecamatan Kamipang. Danau ini merupakan danau yang dangat indah cocok bagi kalian yang ingin merasakan keindahan wisata air yang airnya tenang. Selain itu, sebagai penambah keindahan, di danau ini tersedia guesthouse yang bisa kalian sewa, dan juga sebuah gazebo yang terletak agak ke tengah. Sehingga kalian bisa menikmati keindahan danau sembari bersantai. Kunjungan yang sangat indah.

    Danau Jalan Pengen


    Sumber: Instagram @rachmaaika

    Danau Jalan Pangen merupakan salah satu destinasi yang harus kalian kunjungi. Danau ini terletak di kecamatan Kamipang. Danau ini termasuk dalam kawasan hutan lindung, dan juga kawasan Taman Nasional Sebangau. Tak heran jika danau ini sebagian besar berupa hutan mangrove. Di danau ini, kalian bisa merasakan sensasi memancing dengan pemandangan pepohonon hijau di kanan kiri, yang merupakan hutan bakau. Untuk akomodasi, di danau ini juga sudah tersedia penginapan yang bisa kalian sewa untuk bermalam atau hanya sekedar beristirahat.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here