Home Kasongan Penyerobotan Lahan Garapan Warga Oleh Perusahaan Sawit Masih Marak Terjadi

Penyerobotan Lahan Garapan Warga Oleh Perusahaan Sawit Masih Marak Terjadi

96
0
SHARE

    Katingan- Sengketa lahan antara masyarakat dengan perusahaan kelapa sawit di Kalimantan Tengah seperti tak berujung. Seperti yang dialami Kelompok Tani Jaka Karya yang beranggotakan 50 orang ini.

    Didirikan sejak tahun 2005, kelompok tani yang memiliki 135 hektare lahan ini telah diakui oleh pemerintah Kabupaten Katingan. Saat ini, tanah garapan masyarakat dirampas secara sepihak oleh PT. Bisma tanpa ganti rugi. “Lahan kami di luar HGU PT. Bisma, tapi tetap saja digarap mereka tanpa ganti rugi sepeser pun,” Haidirson, Ketua Kelompok Tani.

    Menurut Haidirson, PT. Bisma menggarap lahan kami hingga KM 13. “Sejak tahun 2008 mereka pihak perusahaan sudah menanam dan panen, tapi persoalan dengan kami tidak terselesaikan. Perusahaan hanya janji akan menyelesaikan, tapi hingga sekarang nihil. Untuk surat tanah, kami punya bukti,” jelasnya.

    Sengketa lahan seharusnya bisa terselesaikan, jika pemerintah turut andil. “Persoalan plasma saja tak pernah jelas. Apalagi penyerobotan lahan garapan. Pemerintah wajib ikut membantu mencari solusi penyelesaian,” jelas Haidirson.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here