Home Kasongan Jadikan Limbah Bermanfaat, Bhayangkari Katingan Gelar Lomba Pemanfaatan Limbah Daur Ulang

Jadikan Limbah Bermanfaat, Bhayangkari Katingan Gelar Lomba Pemanfaatan Limbah Daur Ulang

22
0
SHARE

    Katingan- Memanfaatkan waktu saat berada di Objek Wisata Bukit Batu Kasongan yang juga merupakan aset sejarah dan cagar budaya, Pengurus Cabang Bhayangkari Katingan selenggarakan lomba pemanfaatan barang limbah sebagai barang kerajinan atau yang bermanfaat lainnya.

    Lomba Pemanfaatan Limbah Daur Ulang Yang Berdaya Guna tersebut diselenggarakan pasca penggelaran upacara Hari Bhayangkara ke– 73 tahun 2019 yang diikuti oleh sembilan ranting bhayangkari yang terdiri dari Ibu Ketua Bhayangkari Ranting dan anggotanya.

    Ketua Bhayangkari Cabang Katingan Metha Dharma Ginting mengatakan tujuan diadakannya lomba ini selain memeriahkan hari Upacara Bhayangkara ke– 73, juga dalam rangka rangkaian Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke– 76 dan juga diharapkan agar para Bhayangkari yang kesehariannya juga sebagai ibu rumah tangga bisa menjaga lingkungan agar sampah-sampah yang ada bisa dimanfaatkan secara maksimal.

    “Diakui saat ini sampah-sampah dari limbah rumah tangga dan industry kecil disekitar lingkungan tempat tinggal kita cukup banyak, bila dapat dimanfaatkan menjadi barang yang berguna akan menjadi sesuatu yang menguntguntungkan kita bersama, itulah salah satu tujuan diadakannya lomba ini, diharapkan selain menjaga lingkungan juga akan tumbuh sifat kreatifitas dari ibu-ibu Bhayangkari yang dapat memanfaatkan limbah sampah yang tidak berguna menjadi barang-barang yang mempunyai manfaat dan nilai jual“, ujar Dr. Metha Dharma Ginting.

    Dari hasil kreatififas para peserta tercipta barang-barang kerajinan, bunga pajangan yang terbuat dari kantong plastic bekas, tempat tisu yang terbuat dari koran bekas dan anyaman kantong plastic bekas, toples yang terbuat dari botol bekas, hiasan meja dan mainan dari bekas stick es krim, dan masih banyak lagi kreatifitas yang di sajikan oleh Bhayangkari Ranting, yang apabila dibuat dalam jumlah besar akan mempunyai nilai ekonomis dan bisa mendatangkan penghasilan karena bermanfaat dan unik.

    “Selain menumbuhkan kreatifitas Bhayangkari, juga dapat menjaga lingkungan dari sampah sampah yang tidak berguna,” ucap Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Katingan menambahkan.

    Karya lomba Pemanfaatan Limbah Daur Ulang Yang Berdaya Guna karya dibuat bebas dengan bahan dasarnya limbah kering seperti dari plastik, kertas, kayu dan bahan dasar lainnya.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here