Home Wisata dan Kuliner Ritual Nepesan Petak Bahadang

Ritual Nepesan Petak Bahadang

269
0
SHARE

    Katingan- Upacara Nepesan adalah upacara adat Dayak untuk mengantar arwah ke lubang kubur di desa Petak Bahadang, kecamatan Tasik Payawan, kabupaten Katingan. Pada hari terakhir ritual adat Dayak ini dilakukan potong pantan dan menceritakan perjalanan almarhum di masa hidupnya.

    Di tengah acara tersebut juga dilakukan acara puar hantu artinya adalah bermain bola api menceritakan perjalanan almarhum di dunia sudah berakhir. Kegiatan ritual adat Dayak ini dihadiri tokoh agama Hindu Kaharingan selaku pemipin acara ritual.

    Menurut Gadi, tokoh agama Hindu, bahwa upacara ini wajib dilakukan. Bilaa tidak dilakukan ritual pemakaman tidak sah. “Selama kegiatan ritual tidak dibolehkan ada yang marah, apa lagi melakukan perbuatan yang tidak baik. Jika hal itu terjadi maka yang berbuat akan didenda sesuai aturan adat Dayak, mengganti biaya seluruh yang sudah dikeluarkan dari pihak keluarga yang meninggal tersebut,” ungkapnya.

    Setelah riitual adat selesai, maka yang meninggal akan siap dimakamkan. Bukan saja dilakukan di atas tanah, nepesan juga dilakukan melalui alur sungai dengan melarungkan sesaji menandakan upacara akan selesai.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here