Home Kasongan PT. Arjuna Utama Sawit Tidak Perbaiki Jalan Rusak, Bupati Katingan Ancam Tutup...

PT. Arjuna Utama Sawit Tidak Perbaiki Jalan Rusak, Bupati Katingan Ancam Tutup Jalan Baun Bango

78
0
SHARE

    Katingan- Kondisi jalan Baun Bango sangat memprihatinkan. Kerusakan jalan bagi warga empat kecamatan ini rusak akibat banyaknya melintas truk pengangkut kelapa sawit dan hasil olahannya milik PT. Arjuna Utama Sawit yang melebihi tonase.

    Hal itu membuat Bupati Katingan Sakariyas bertindak tegas. Dirinya akan menutup akses jalan tersebut jika tidak ada perbaikan dari pihak perusahaan kelapa sawit. “PT. Arjuna Utama Sawit merupakan salah satu Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang kurang berkontribusi kepada pembangunan daerah. Kami akan segera menutup jalan tersebut jika tidak ada itikad perbaikan jalan,” tegasnya.

    Sakariyas ingin PT. Arjuna Sawit Utama ikut membantu pemerintah daerah membuka akses jalan di wilayah perusahaan untuk menuju hilir. “Akses jalan dari Perigi ke Tumbang Bulan sudah dibuka oleh perusahaan lain. Tinggal PT. AUS yang membuka lagi lanjutannya,” ungkapnya lagi.

    “Kalau tidak mau membuka jalan, kami yang akan menutup jalan kabupaten. Kendaraan sawit tidak boleh melintas, hanya warga saja yang boleh,” ucap Sakariyas.

    Padahal menurut Sakariyas, pembukaan jalan ke wilayah hilir tak hanya memberi keuntungan buat perusahaan, tapi juga pemerintah dan masyarakat. “Kalau sudah terbuka jalan, kami akan melakukan peningkatan dengan pengaspalan ke depannya. Kita ingin semua perusahaan swasta yang ada di Katingan ikut membantu pembangunan,” pintanya.

    Hal senada diungkapkan Ketua DPRD Katingan Ignatius Mantir Ledie Nussa. Menurutnya, jalan yang dilalui truk-truk pengangkut PT. AUS sudah rusak parah. “Pemerintah akan menutup jalan untuk truk PT. AUS, karena yang dilalui bukan jalan mereka tapi jalan negara. Kalau mereka tidak ikut berkontribusi, ya kita tutup saja,” jelasnya.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here