Home Lintas Kalteng Ribuan Pemudik Asal Pulau Jawa Tiba di Pelabuhan Panglima Utar

Ribuan Pemudik Asal Pulau Jawa Tiba di Pelabuhan Panglima Utar

58
0
SHARE

    Kotawaringin Barat- Pelabuhan Panglima Utar, Kecamatan Kumai, Kalimantan Tengah dipadati para penumpang mudik arus balik yang kembali dari daerah asalnya usai merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

    Tercatat di H+4, sekitar 1.000 an penumpang datang dari Surabaya dan Semarang yang memadati Pelabuhan Kumai.

    Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kumai, Capt. Wahyu Prihanto mengatakan bahwa ia sudah memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang pada tanggal 8 dan 9 Juni 2019 ini.

    “Rata-rata penumpang yang baru datang ini berasal dari Surabaya dan Semarang yang diangkut oleh tiga kapal yaitu kapal KM Dharma Rucitra 9, KM Egon dan KM Leuser,” jelas Capt. Wahyu.

    Capt. Wahyu menambahkan bahwa ia dan jajarannya terus bersiaga dan mengawasi penuh pelaksanaan penyelenggaraan angkutan laut Lebaran dengan mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang di Pelabuhan Kumai.

    “Para penumpang yang datang ini telah kita persilakan untuk beristirahat di posko yang sudah disediakan. Terutama bagi yang masih jauh perjalanannya,” kata Capt. Wahyu.

    Karena biasanya lanjut dia, para penumpang membutuhkan waktu istrahat dan juga membutuhkan layanan kesehatan, sebelum meneruskan perjalan ke tempat tinggalnya masing-masing.

    Sementara untuk kedatangan kapal, menurut Capt. Wahyu masih sesuai jadwal yang diagendakan. Terkait masalah keamanan pihaknya bersama TNI – Polri selalu memberikan pelayanan dengan sebaik mungkin, agar keamanan dan kenyamanan penumpung tetap kondusif.

    “Kami terus melakukan monitoring untuk jumlah penumpang yang tiba di Pelabuhan Kumai dan Alhamdulillah tidak ada kecelakaan atau musibah laut yang terjadi. Saya mengapresiasi kerjasama yang baik dengan seluruh pemangku kepentingan di Pelabuhan Kumai ini,” tutup Capt. Wahyu.(JBR)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here