Home Kasongan Tanpa Jaminan Keselamatan, Pemudik Terpaksa Gunakan Transportasi Sungai

Tanpa Jaminan Keselamatan, Pemudik Terpaksa Gunakan Transportasi Sungai

142
0
SHARE

    Katingan- Arus Mudik Lebaran 2019 mulai terlihat di desa Jahanjang, kecamatan Kamipang, Katingan. Lokasi ini merupakan tempat persinggahan taksi longboat dari dua kecamatan Katingan Kuala dan Mendawai. Para pemudik terpaksa menggunakan angkutan sungai karena wilayah selatan Katingan tidak memiliki akses darat.

    Lonjakan penumpang mulai terlihat di pelabuhan Kereng Pangi, tak hanya pemudik seputaran Kalteng, tetapi juga Banjarmasin, Kalsel. Untuk tarif disesuaikan dengan jarak tempuh.

    Berdasarkan pantauan tim poroskalteng.com, tidak ada satupun petugas yang melakukan pengawasan terhadap perahu-perahu yang melayani penumpang mudik. Tak heran masih banyak perahu yang memaksakan jumlah penumpang dan tanpa alat keselamatan.

    Menurut Yadi, salah satu penumpang, selama ini hanya membayar tarif dari motoris, tanpa ada tiket. “Tak ada jaminan asuransi keselamatan bagi para penumpang. Ini terpaksa kami lakukan karena ketiadaan akses darat,” jelasnya.

    Meski telah dibangun kantor Dinas Peehubungan, tapi nyatanya tidak ada satu pun petugas. “Hanya bangunan kantor. Orang dan oeralatan penunjanganya tidak ada,” jelas salah seorang motoris.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here