Home Kuala Kapuas Tambang Ilegal Marak di Pujon Tanpa Ada Penindakan Aparat Penegak Hukum

Tambang Ilegal Marak di Pujon Tanpa Ada Penindakan Aparat Penegak Hukum

1367
0
SHARE

    Kapuas- Wilayah Pujon yang terletak di kecamatan Kapuas Tengah, kini banyak dijumpai tambang ilegal. Lokasi tambang pun tersebar di wilayah seperti Marampit, Manis, Karukus, Bajuh, Barunang. Di lokasi tersebut kegiatan tambang ilegal berjalan dengan menggunakan alat berat.

    Ratusan hektar hutan terlihat rusak dijadikan lokasi tambang ilegal. Tak hanya itu, para penambang menggunakan merkuri untuk memisahkan emas. “Air sungai yang dulunya digunakan warga untuk kebutuhan sehari-hari, kini sudah tak layak lagi. Sudah tercemar parah sekali,” jelas Abdi, salah satu warga.

    Hal yang sama diungkapkan Rudi warga Pujon. Dirinya berharap penegak hukum bisa bersikap profesional dan jangan main mata dengan para pengusaha tambang yang menggunakan alat berat ekskavator. “Warga pun berharap penuh dengan Polda Kalteng bisa bertindak tegas pemberatasan ilegal mining tersebut,” pintanya.

    Akibat olah para penambang tersebut hutan hancur menjadi hamparan pasir dan berlubang. Dampaknya banjir bandang seperti sekarang ini sering melanda wilayah ini.(ROM)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here