Home Kasongan Selalu Aman Dari Razia Penegak Hukum, Pasir Puya Ilegal Masih Jadi Primadona

Selalu Aman Dari Razia Penegak Hukum, Pasir Puya Ilegal Masih Jadi Primadona

102
0
SHARE

     

    Katingan- Desa Hampalit dan Kereng Pangi, Kecamatan Katingan Hilir, Katingan, Kalimantan Tengah, merupakan surga gudang pasir puya yang ditambang secara ilegal. Pasir ini nantinya akan dijual ke luar Kalimantan Tengah melalui Palangkaraya atau Banjarmasin.

    Tim poroskalteng.com beberapa kali melihat secara langsung aktivitas bongkar muat pasir puya tersebut di gudang yang terletak di Jalan Tjilik Riwut KM 14. Kegiatan dilakukan secara terang-terangan, tanpa takut terlihat oleh masyarakat maupun penegak hukum.

    “Sudah ada lama di sana gudang tersebut. Bahkan, kalau banyak pesanan, proses bongkar muat bisa berlangsung hingga berhari-hari,” jelas Supian, warga di sekitar lokasi.

    Bahkan beberapa warga lainnya menuturkan, tempat tersebut aman dari razia aparat penegak hukum. “Beberapa kali mobil aparat penegak hukum lalu lalang, tapi proses bingkar muat tidak pernah berhenti. Apa sudah ada sesuatu, kami tak pernah tahu. Yang jelas aman mereka,” ungkap warga.

    Sementara di KM 25 jalan yang sama, kegiatan bongkar muat pasir puya ilegal pun dilakukan secara terbuka. Beberapa warga sudah mengadukan ke aparat desa, tapi nyatanya tak pernah dilanjutkan sampai ke penegak hukum. “Kalo semua kebagian jatah, sulit juga kami teriak-teriak minta ditertibkan,” ungkap warga lagi.

    Akibat penambangan secara maaif pasir puya di sungai-sungai, terlihat jelas banyaknya kesrusakan di wilayah hulu
    Dan ini langsung berdampak bagi warga di sepanjang Daerah Aliran Sungai yang mengandalkan sungai sebagai sumber kehidupan.

    “Kami berharap pemerintah sadar dan mau menertibkan aktivitas itu, biar sungai bermanfaat hingga anak cucu nantinya,” jelas Supian.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here