Home Kasongan Tambang Emas Ilegal Makin Menjamur, Warga Tak Lagi Percaya Aparat Penegak Hukum

Tambang Emas Ilegal Makin Menjamur, Warga Tak Lagi Percaya Aparat Penegak Hukum

209
0
SHARE

    Katingan- Tambang emas ilegal di wilayah hukum Katingan, Kalimantan Tengah, di lapangan terlihat makin menggeliat. Karena lemahnya penindakan tegas dari aparat penegak hukum, membuat para pemilik uang dengan bebasnya melakukan penambangan, yang tak hanya merusak lingkungan, tapi dampak serius lainnya akibat penggunaan merkuri yang langsung mengalir ke sungai-sungai.

    Seperti di dua lokasi yang tim poroskalteng.com sambangi, yaitu Desa Tumbang Liting dan Tewang Kadamba. Kegiatan tambang emas ilegal sudah berlangsung lama. “Mereka (penambang) dengan leluasa membabat hutan demi mendapatkan emas. Kegiatan ini sering disamarkan dengan legalitas koperasi yang tak jelas izinnya,” jelas Agung, warga desa yang ikut melihat ke lokasi, Senin (18/2).

    Ketika ditanya kenapa warga tidak melaporkan kegiatan ilegal ini ke pemkab atau kepolisian. Jawabannya, warga sudah sering kali melaporkan tapi tidak pernah ada kelanjutan dalam hal penindakan. “Kami sudah tak lagi percaya kepada pemerintah setempat dan kepolisian. Sudah banyak kami melaporkan, tapi tak ada aksi nyata,” jelas warga lainnya.

    Tak hanya itu, menurut warga, karena tidak ada penindakan, kegiatan tambang emas ilegal makin menjamur. “Kalau kita lihat, baik di darat maupun di sungai, sudah banyak tambang-tambang emas ilegal. Kalau masyarakat yang protes, para pekerja malah lebih galak dan selalu bilang akan mendatangkan beking mereka. Warga takut dengar ancaman tersebut,” jelasnya.

    Menurut warga, kalau memang pemerintah pusat mau melakukan tindakan penyelamatan lingkungan, seharusnya pemerintah daerah bertindak tegas terhadap tambang liar tanpa izin.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here