Home Kasongan Polres Katingan Monitoring Peredaran Gas 3 KG

Polres Katingan Monitoring Peredaran Gas 3 KG

24
0
SHARE

    Katingan- Kapolres Katingan Akbp E. Dharma B. Ginting, menghadiri rapat pembahasan hasil monitoring Harga Eceran Tertinggi (HET) LPG 3 Kg di wilayah Kasongan dan Desa Hampalit di Ruang Rapat Bupati Katingan, Rabu (23/1) pukul 09.00 WIB.

    Bersama dengan wakil Bupati Katingan, Kapolres memimpin rapat koordinasi tersebut yang di hadiri oleh instansi terkait maupun masyarakat sebagai pengelola pangkalan gas LPG. Gas elpiji 3 Kg merupakan barang bersubsidi yang penyalurannya dikendalikan oleh peraturan perundang-undangan sehingga pendistribusian dan peruntukannya sudah jelas.

    Adapun kenyataan umum di lapangan belum bisa mencukupi kebutuhan warga, disinyalir masih adanya penyimpangan baik itu masalah harga maupun ketersediaannya, sehingga dalam kenyataanya di lapangan masih terjadi kelangkaan dan harga yang melebihi HET sebagai akibat oknum yang ‘nakal’.

    Kapolres Katingan menyatakan, pihaknya akan turut melakukan monitoring dan memantau peredaraan gas LPG 3 Kg sebagai bahan perumusan kebijakan terkait pengelolaan dan peredaran gas bersubdisi 3 Kg di Kabupaten Katingan, dan Polres Katingan siap melakukan penindakan ketika didapat pengaduan masyarakat atau temuan langsung penyalahgunaan gas bersubsidi 3 Kg.

    “Kami akan segera bertindak jika sudah ada laporan atau pengaduan masyarakat. Oleh karena itu, kami mengharapkan peran aktif masyarakat untuk mendukung usaha ini,” ujar Kapolres.

    Oleh karena itu, setiap pangkalan diharapkan selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Energi untuk mencari solusi masalah tersebut. Juga para pengelola Pangkalan Gas 3 Kg bersifat selektif dalam memberikan pelayanan penjualan tersebut, dengan harapan dapat meminimalisir penyalahgunaan bahan bakar gas bersubsidi tersebut.

    Pemerintah Kabupaten Katingan berharap adanya kesamaan persepsi tentang Harga Eceran Tertinggi elpiji 3 Kg mulai dari tingkat Pertamina sampai ke tingkat pangkalan. Dan apabila ada kenaikan harga atau sebaliknya, bisa segera disesuaikan. Pengawasan juga diharapkan dapat dilaksanakan tidak hanya di tingkat Kabupaten, melainkan sampai ke tingkat Desa.

    AKBP E. Dharma B. Ginting, juga berharap adanya sikap kooperatif dari seluruh komponen warga dengan segera melaporkan kepada Pemerintah Kabupaten Katingan ataupun kepolisian dalam hal ini Polres ketika terjadi permasalahan di lapangan baik itu masalah harga maupun ketersediaan gas elpisji bersubsidi 3 Kg.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here