Home Uncategorized Jokowi Siap Resmikan Terminal Penumpang Bandara Tjilik Riwut

Jokowi Siap Resmikan Terminal Penumpang Bandara Tjilik Riwut

148
0
SHARE

    Palangkaraya- Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melakukan kunjungan ke terminal penumpang baru Bandara Tjilik Riwut yang masih dalam proses pembenahan, Rabu (2/1). Dalam kunjungan yang ditemani dengan istri tercinta Yulistira Ivo Sabran. Orang nomor satu tersebut mengelilingi terminal penumpang Bandar Tjilik Riwut dari luar dan dalam.

    “Saya sangat terkesan dengan bandara ini, karena sangat bagus dan besar sekali tidak kalah dengan bandara yang ada di provinsi lainnya, ” ucap Sugianto sambil memantau ke dalam bandara.

    Sugianto menambahkan, setelah melihat luar dalam bandara tersebut, sudah sangat bagus dan mantap, tinggal merapikan beberapa posisi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saja lagi ” Tinggal menambah pernak-pernik kebudayaan dayak di dalam bandara dan kulinernya, tentu nantinya akan diatur oleh angkasa pura dua, ” ungkapnya

    Di saat melakukan perjalanan menuju Bandar Tjilik Riwut, Gubernur Kalimantan Tengah juga melihat beberapa sarang burung walet yang berjejer berdiri tidak jauh dari depan kawasan terminal penumpang baru.

    Hal ini sontak membuat nomor satu ini menekankan kepada pemerintah kota khususnya untuk Wali Kota, yang kebetulan hadir dan ikut dalam kunjungan tersebut, untuk tidak mengeluarkan izin bangunan sarang walet di depan Bandara Tjilik Riwut. “Jangan sesekali melakukan itu, Karena dengan adanya bangunan sarang burung walet disini, akan membuat kumuh bandara, saya tegaskan jangan sampai izin itu keluar,” jelasnya.

    Ia menambahkan dengan adanya sarang burung walet yang sudah berdiri di dekat Bandara, diharapkan Wali Kota Palangkaraya, bisa menetralkannya jangan sampai malah bertambah “Bandara ini sudah sangat bagus, jadi jangan sampai orang luar negeri atau pengunjung lain melihat ada burung walet yang bertebangan sekitar bandara dan membuat pandangan mereka menjadi jelek,” tegasnya.

    Sugianto Sabran juga mengatakan untuk jalan dan lajur bandara nantinya akan ditangani oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palangkaraya dan Provinsi Kalteng serta Disperkim Kota. Selain itu untuk penataan UKM akan ditangani langsung Angkasa Pura Dua termasuk juga wisata Agro. Terminal penumpang bandar Tjilik Riwut, yang dibangun dari tahun 2014 akhirnya, selesai di tahun 2019 dari segi bangunannya dan siap operasionalkan. Pada tanggal (7/2/2018) direncanakan presmian dilakukan secara langsung oleh orang nomor satu di Indonesia Joko Widodo.

    Presiden RI Joko Widodo berencana akan secara langsung meresmikan bangunan terminal penumpang yang dikelola oleh Angkasa Pura dua tersebut. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Bandar Tjilik Riwut Paryono ” Jika tidak ada halangan presiden akan datang pada (7/2/2018) seperti yang sudah dijadwalkan sebelumnya, hal tersebut disampaikan langsung oleh pimpinan,” beber Paryono, di halaman terminal penumpang Bandar Tjilik Riwut.

    Gubernur Kalteng Sugianto Sabran berharap kepada presiden untuk datang dalam bulan Februari nanti, dirinya sangat memaklumi kesibukan Presiden RI Joko Widodo. “Mudah-mudahan pak presiden bisa hadiri meski kesibukannya yang sangat banyak sekali. Kita tunggu saja pada bulan Februari tanggal 7 nanti apakah Joko Widodo datang atau tidak saya tidakberani memastikannya,” ungkapnya.

    Dengan berdirinya terminal penumpang Baru di Bandar Tjilik Riwut, tentu masalah rute juga perlu penambahan sesuai keinginan masyarakat banyak yang ada di Kalteng, sebab sampai saat ini penerbangan Palangkaraya ke Joga dan Bali masih belum ada. Penumpang harus melakukan transit terlebih dahulu baru sampai ke tujuan, tentu dalam urusan biaya lebih mahal.

    Kepala Bandar Tjilik Riwut Paryono mengatakan jika keinginan masyarakat sudah disampaikan ke pihak maskapai untuk penambahan rute. Rute yang telah diusulkan ada Kuala Namu, Batam, Manado, Balikpapan, Bali, Bandung termasuk juga Jogja. ” Mereka saat ini melakukan pengkajian terlebih dahulu dengan malihat aspek yang ada di Kalteng, semoga saja keingan masyarakat bisa terpenuhi semua dan disetujui oleh pihak maskapai,” ungkapnya.

    Ia menambahkan dari tahun 2017 sampai sekarang ada empat rute yang telah ditambahkan antaranya, Banjarmasin, Balikpapan, pihak maskapai tentu akan mengkaji. Melihat dari aspek aspek lainnya. Mulai 2017 sampai sekarang sudah ada penambahan 4 rute mulai dari Banjarmasin, Balikpapan, Makasar, Sampit. “Saat ini kita tinggal menunggu keputusan dari pihak maskapai menyetujui semua atau ada yang tidak disetujui. Kita lihat nanti bagaimana keputusannya, yang jelas kami sudah mengusulkan, ” pungkasnya.

    Dengan berdirinya terminal penumpang di Bandar Tjilik Riwut, membuat Gubernur Kalteng Sugianto Sabran semakin optimis dengan perkembangan di daerah Kalteng. Pasalnya bandara adalah salah satu penilaian yang nyata oleh para wisatawan yang datang ke Kota Palangkaraya.

    Sugianto mengatakan meski nanti Bandar Tjilik Riwut mengalami lonjakan penumpang tidak menjadi masalah, karena lahannya yang masih luas dan bisa dilebarkan sewaktu-waktu jika diperlukan ” Meski nanti jumlah penumpang yang datang hingga 6 juta orang, saya rasa tidak menjadi masalah. Jika nanti memang terlalu penuh kita dapat melebarkan terminal ini dari sisi kiri dan kanan, ” jelasnya

    Saat kunjungan Sugianto meminta terhadap Kepala Bandar Tjilik Riwut untuk tidak terlalu memangkas hutan yang ada di sekitar kawasan bandara. Karena dengan adanya hutan di kawasan bandara menjadi ciri khas tersendiri untuk bandara di Kota Palangkaraya. ” Kalo bisa hutan yang ada di kawasan sini jangan dipangkas habis, biar jadi ciri khas kita. Dengan begitu kawasan ini juga dingin dan sejuk” tutupnya.(RMD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here