Home Kuala Kapuas 18.508 Keping KTP Elektronik Dibakar

18.508 Keping KTP Elektronik Dibakar

107
0
SHARE

    Kapuas- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas memusnahkan 18.508 keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik yang rusak dan tidak terpakai. Pemusnahan berlangsung di halaman kantor Disdukcapil Kapuas, Jalan Pemuda km 6, Kuala Kapuas.

    Kepala Disdukcapil Kapuas, Ruseni didampingi Kabid Pelayanan dan PendaftaranSipie S Bungai mengatakan, pihaknya menjalankan arahan dari Kemendagri melalui SE Nomor 470.13/11176/SJ. Instruksinya, KTP elektronik yang rusak atau invalid, untuk segera dipilah dan dimusnahkan.

    “Sesuai surat edaran Kemendagri juga, setiap kali melakukan pemusnahan KTP elektronik harus disaksikan dan dituangkan dalam berita acara pemusnahan, yang dibubuhi tandatangan pihak terkait selaku saksi,” kata Ruseni.

    Ruseni menegaskan, belasan ribu KTP tersebut harus dimusnahkan guna menghindari terjadinya penyalahgunaan.

    “Pemusnahan dengan cara dibakar ini sesuai dengan Surat Edaran Kemendagri yang baru saja kita dapat, untuk sebelumnya KTP-el yang rusak atau invalid biasanya hanya dipotong pada bagian kanan. Hal ini kita lakukan karena mengantisipasi agar tidak terjadi e-KTP tercecer atau sengaja dibuang,” ucapnya.

    Kegiatan pemusnahan e-KTP dengan cara dibakar yang dilaksanakan serentak se-Indonesia pada hari itu dimonitor langsung dari Pusat dan Provinsi serta disaksikan Satpol PP, Dinas Kominfo dan PWI Kabupaten Kapuas.(ROM)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here