Home Advertorial Pencerahan Aa Gym di ILC TVOne Tentang Reuni 212 Sangat “Mengharukan”

Pencerahan Aa Gym di ILC TVOne Tentang Reuni 212 Sangat “Mengharukan”

71
0
SHARE

    Reuni Akbar 212 yang dihadiri jutaan umat yang digelar Minggu 2 Desember 2018,akhirnya diacara Indonesia Lawyers Club (ILC) ditayangkan TvOne pada Selasa malam sekitar pukul 4 Desember 2018. Karena malam itu dari sore diguyur hujan,penulispun langsung membuat segelas kopi yang ditemanin goreng singkong dan pisang kepok, kemudian duduk sambil nonton TvOne.

    Dalam tulisan ini, penulis tidak akan mengamati sejumlah tokoh yang hadir di acara ILC, seperti yang saling berdebat. Karena ketika Aa Gym berdiri (seperti melerai yang sedang berdebat), Aa Gym berkata : “Huss Malu..Malu..Malu, karena acara ini ditonton oleh rakyat”. Tapi, tetap saja sejumlah tokoh masih ada yang berdebat,dan lagi-lagi dilerai oleh Karni Ilyas pembawa acara ILC.

    Penulis hanya mengamati, pencerahan yang disampaikan Ulama ‘Kondang’ KH. Abdullah Gymnastiar yang telah akrab disapa Aa Gym. Jujur saja ketika Aa Gym mengupas tuntas tetang keberadaan Reuni 212 yang membuat penulis sangat terharu.

    Dan yakin yang terharu itu bukan hanya penulis, tapi juga mungkin jutaan permisa TvOne malam itu sama ikut terharu. Termasuk sejumlah tokoh yang tadinya gencar berdebat di acara ILC, ketika mendengar ‘pencerahan’ Aa Gym langsung diam dan termenung. Seakan-akan merenungkan isi dan makna pencerahan yang disampaikan Aa Gym.

    Pengamatan penulis pada awalnya Aa Gym saat berbicara, nampak sedikit emosional tapi lama kelamaan setelah Aa Gym mengupas tentang keberadaan dan dampak digelarnya Reuni 212, penulis sempat meneteskan air mata.Dan Aa Gym juga nampak kedua matanya berkaca-kaca menangis hingga suaranya tidak emosional lagi, justru kata dan kalimat pencerahannya semakin menggetarkan hati penulis dan jutaan permisa TvOne.

    “Yang bisa mempersatukan kita adalah hati, kalau topeng-topeng tidak akan bisa mempersatukan kita,” kata Aa Gym dalam untaiankalimat pencerahaannya.

    Indonesia adalah rumah bersama, sehingga harus dijaga bersama meski ada beberapa hal yang berbeda sudut pandang seloroh Aa Gym. Seraya menambahkan di Reuni 212 yang dihadiri jutaan umat, rumputpun tidak rusak. Betapa indahnya saat itu jutaan umat dari berbagai suku, bahkan agama yang berbeda berbaur menyatu di Reuni 212 dengan penuh kasih sayang.

    Semoga pencerahan Aa Gym yang lainnya, yang tidak bisa ditulis satu persatu dalam tulisan ini,(karena terlalu panjang) bisa lebih merekatkan persaudaraan, sehingga Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) semakin kokoh.

    Mamawan Wiharja – Aktivis Jurnalis di Pangkalan Bun

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here