Home Kalteng 24 Jam BPOM Kobar Sita 149 Jenis Obat dan Kosmetik Ilegal

BPOM Kobar Sita 149 Jenis Obat dan Kosmetik Ilegal

62
0
SHARE

    Kotawaringin Barat- Sebanyak 149 jenis produk obat dan kosmetik yang tidak terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) serta produk palsu berhasil disita Kantor Lokal POM Kabupaten Kotawaringin Barat.

    Total produk kosmetik, obat  dan produk kosmetik  palsu senilai Rp50 juta tersebut berhasil diamankan dalam dua kali operasi penertiban yang dilakukan di pasar di Kecamatan Arut Selatan dan Kecamatan Pangkalan Banteng selama 3 sampai 4 Desember 2018 bekerja sama dengan pihak Polres Kobar.

    “Ternyata banyak kami temukan kosmetek dan obat tradisional ilegal dan bahkan ada obat curah hasil produksi sendiri yang memang dilarang,” ujar Kadon Tarigan, Kepala Kantor Lokal POM Kabupaten Kotawaringin Barat.

    “Para pedagang yang ditemukan menjual produk palsu dan yang tidak terdaftar di BPOM tersebut juga tidak mengetahui apakah produk yang mereka jual sudah terdaftar atau tidak,” jelas Kadon.

    Kadon menjelaskan, pihaknya masih belum memberikan sanksi apapun pada para pedagang yang menjual produk yang disita tersebut. “Karena mereka juga tidak mengetahui bahwa produk yang dijualnya tersebut palsu serta tidak terdaftar di BPOM. Untuk itulah kami mengimbau pada para pedagang, agar tidak langsung percaya bila ditawari untuk menjual produk obat, kosmetik serta makanan yang ditawarkan oleh sales. Lantaran saat ini sudah ada aplikasi ceklis dari  BPOM yang bisa diunduh di smartphone,” jelasnya.

    “Dan saya berharap kepada warung-warung dan toko jangan terlalu percaya dengan sales-sales yang tidak diketahui di mana kantornya,” tutup Kadon.(JBR)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here