Home Kuala Kapuas Tebang dan Rusak Pohon, Pemkab Kapuas Terapkan Sanksi Tegas

Tebang dan Rusak Pohon, Pemkab Kapuas Terapkan Sanksi Tegas

51
0
SHARE

    Kapuas- Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR-PKP) Kabupaten Kapuas Ahmad Isnaeni ST, MT, mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga tanaman bunga maupun pohon peneduh yang ditanamkan di pinggir jalan. Hal tersebut dilakukan karena masih banyak pohon dan bunga yang dirusak sengaja oleh oknum tak bertanggung jawab.

    “Bagi masyarakat Kapuas jangan merusak tanaman maupun pohon. Banyak kerusakan disengaja, seperti dibakar dan dimatikan oleh warga setempat,” jelasnya.

    Ahmad meminta masyarakat jangan menebang atau memotong pohon, sebelum lapor ke dinas. “Kalau mau membangun rumah atau ruko, ada pohon peneduh, jangan menebang sembarangan. Kalau mau menebang pohon itu lapor dulu ke dinas PU supaya tidak kena denda,” tegasnya.

    Larangan membakar pohon peneduh di ruas pinggir jalan, mematikan pohon peneduh disengajakan, memotong pohon peneduh disengajakan, membuang sampah sembarangan, menabrak pohon peneduh, sudah diatur dalam Perda No.5 tahun 2011 dengan denda Ro1 juta dengan maksimal 1 tahun penjara. “Sekali lagi dimohonkan kepada masyarakat jangan merusak aset milik pemerintah daerah jadi jagalah kota air kita supaya dilihat indah. Untuk penindakan ini nantinya ditangani oleh pihak Satpol PP,” tutup Ahmad.(ROM)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here