Home Lintas Kalteng Cegah Penularan HIV di Lapas, Dinkes Kobar Ajak Semua Stakeholder Berpartisipasi

Cegah Penularan HIV di Lapas, Dinkes Kobar Ajak Semua Stakeholder Berpartisipasi

55
0
SHARE

    Kotawaringin Barat- 5 narapidana penghuni Lapas Kelas 2B Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah terdeteksi positif mengidap penyakit HIV. Kelimanya merupakan napi kasus narkoba dan pergaulan bebas.

    Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kobar Jamin Ginting menjelaskan, adanya kasus HIV di lapas untuk mengantisipasi penularannya. “Kami mengundang Dinas Sosial Kotawaringin Barat dan Kalapas kelas 2B Kotawaringin Barat untuk merembukkan permasalahan tersebut. Agar bisa diantisipasi,” jelasnya.

    Menurut Jamin, pencegahan kasus HIV ini juga merupakan program nasional, sehingga wajib ditangani dengan baik. “Mereka yang terkena penyakit HIV memerlukan pelayanan kesehatan, jadi yang bersangkutan mendapatkan jaminan kesehatan sehingga tidak ada diskriminasi di kalangan lapas,” tegasnya.

    Penyakit HIV di Kotawaringin Barat selalu meningkat, bahkan ada satu orang yang meninggal dunia di Kotawaringin Barat akibat komplikasi dan tertular penyakit HIV. “Saya tetap berjuang keras untuk menangani kasus ini, namun saya tidak bisa melakukan sendiri saya perlu pihak-pihak terkait,” tutup Jamin Ginting.(JBR)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here