Home Lintas Kalteng Kualitas Udara Palangkaraya Tidak Sehat

Kualitas Udara Palangkaraya Tidak Sehat

207
0
SHARE

    Palangkaraya- Kabut asap yang menyelimuti kota Palangkaraya dan wilayah Kalimantan Tengah lainnya semakin pekat. Kebakaran lebih parah karena adanya lahan gambut yang terdampak karhutla.

    Dalam minggu ini, kabut asap tipis mulai memasuki sejumlah permukiman di Palangkaraya. Hari ini (2/10) hampir seluruh wilayah sudah diselimuti asap karhutla. Akibatnya jarak pandang turun menjadi 800 meter sampai 1,5 kilometer.

    Berdasarkan data BMKG Palangkaraya, jumlah titik panas di Kalteng mencapai 105. Kabupaten Pulang Pisau menjadi kabupaten dengan titik panas terbanyak, 69 titik.

    Prakirawan BMKG menyebutkan, kualitas udara turun dengan nilai 167 mikrogram per meter kubik. Artinya, kualitas udara masuk dalam kategori tidak sehat.

    Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Kalteng, Darliansjah menyatakan, kabut asap di Palangkaraya merupakan kiriman dari Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau.

    “Di Palangkaraya sendiri ada 2 titik yang masih harus dipadamkan, wilayah Kalanpangan dan kompleks Universitas Palangkaraya,” jelasnya.

    Pihaknya terus melakukan pemadaman dan patroli karhutla. Selain dari darat, pemadaman juga dilakukan dari udara dengan bom air.(RMD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here