Home Kasongan Penambangan Pasir Puya Sebabkan Kerusakan Lingkungan, Warga Minta Penegak Hukum Bertindak

Penambangan Pasir Puya Sebabkan Kerusakan Lingkungan, Warga Minta Penegak Hukum Bertindak

93
0
SHARE

    Katingan- Penambangan pasir puya di Desa Karya Unggang, Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Kabupaten Katingan, makin tak terkontrol.

    Berdasarkan pantauan tim poroskalteng.com, dampak eksplorasi berlebihan ini menyebabkan hutan yang dulunya asri, kini rusak parah. Luas hutan yang rusak pun mencapai ribuan hektare.

    Belum lagi, gudang-gudang penampungan pasir puya pun semakin menjamur. Para pemilik berlomba mengerahkan banyak pekerja untuk mendapatkan pasir puya. “Mereka bebas melakukan penambangan tanpa ada surat izin dan jelas merusal alam. Belum lagi limbah yang mereka jasilkan,” jelas Rudi, salah satu warga.

    Sementara itu Tono, warga lainnya menjelaskan, gudang yang ada di desa merupakan penampungan sementar, yang banyak terletak di jalan utama. “Mereka bisa bongkar muat setiap harinya. Karena belum pernah ada razia dari penegak hukum. Pasir itu dibawa ke Palangkaraya tanpa surat jelas. Tapi ya itu, selalu gak ditangkap,” ucapnya.

    Warga berharap pemerintah bisa serius menangani kerusakan lingkungan akibat penambangan tak terarah. Biar nantinya alam bisa dinikmati juga oleh generasi mendatang.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here