Home Kalteng 24 Jam Lahan Terbakar Pemiliknya Tidak Lapor, Lahan Disita Jadi Milik Negara

Lahan Terbakar Pemiliknya Tidak Lapor, Lahan Disita Jadi Milik Negara

37
0
SHARE

    Palangkaraya- Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah tidak main-main menangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Pihaknya sudah resmi melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan sejumlah instansi terkait, Rabu (19/9). Salah satu isinya berkaitan dengan penanganan karhutla. MoU itu sekaligus menyikapi banyaknya lahan yang terbakar tapi belum ketahui pemiliknya, atau pemilik belum ada yang mendatangi ke kantor polisi dengan mengaku sebagai pemilik lahan.

    “Selama ini kita kesulitan mengetahui pemilik lahan. Tidak ada yang mengaku sampai tiga bulan diberi police line pun tidak ada yang muncul,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Kalteng Kombes Pol Adex Yudiswan mewakili Kapolda Irjen Pol Anang Revandoko.

    “Kita sudah membuat MoU dengan pemerintah. Untuk tanah yang masih SKT, kelurahan wajib tidak membuat surat keterangan apabila itu masih dalam police line. Demikian juga yang bersertifikat. Sepanjang itu belum diselesaikan prosesnya, maka tidak bisa dipindahtangankan,” tegas Adex.

    Andai sampai dalam jangka waktu lama tetap saja tidak ada pemiliknya, maka lahan yang terbakar lalu diberi garis polisi itu bisa menjadi milik negara.
    “Kalau tidak ada pemiliknya, secara otomatis jadi milik negara. Dikembalikan ke negara,” tegasnya.(RMD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here