Home Lintas Kalteng Kematian Ikan di Sungai Seranau Akibat Limbah PT Sukajadi Sawit Mekar

Kematian Ikan di Sungai Seranau Akibat Limbah PT Sukajadi Sawit Mekar

231
0
SHARE

    Kotawaringin Timur- Kematian ikan massal di aliran Sungai Seranau yang berada di sejumlah desa di Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur akibat limbah perusahaan sawit PT Sukajadi Sawit Mekar. Tuduhan warga maupun kalangan DPRD Kotim itu bukan tanpa alasan. Apalagi baru-baru ini pihak perusahaan sawit itu tiba-tiba tanpa permintaan warga langsung membersihkan sungai. “Ada apa perusahaan tiba-tiba membersihkan sungai itu,” kata Ketua Komisi III DPRD Kotim, Rimbun, Senin (3/9) saat hearing mempertanyakan.

    Senada juga diungkapkan Alexius Esliter, Sekretaris Komisi II DPRD Kotim. Menurutnya tidak jauh dari lokasi kematian ikan itu ada pabrik kelapa sawit (PKS) PT Sukajadi Sawit Mekar. Bahkan gumpalan limbah itu tampak tercecer di areal kematian ikan.

    “Hanya ada 2 perusahaan yang ada di situ. Group Sukajadi dan Wilmar saja. Itu saja perusahaannya kalau berasal dari limbah,” timpak Dani Rakhman anggota Komisi II DPRD Kotim.

    Hendrikus Hendra, warga Tanah Putih juga menduga kematian ikan-ikan itu secara kasat mata akibat minyak dari limbah perusahaan.

    Bahkan menurut mereka tidak ada arah indikasi jika itu akibat racun Putas namum kuat dugaan akibat limbah. Meski turun hujan ikan tetap mati. Padahal jika akibat Putas diguyur hujan dampaknya sudah tidak ada lagi.

    “Kami minta bantu DPRD bisa sikapi masalah ini. Karena ini akibat limbah perusahaan kalau Putas tidak mungkin,” ujar Basuni warga Runting Tada menambahkan.

    Warga juga tampak kecewa dengan sikap PT Sukajadi yang seolah-olah ingin menghilangkan barang bukti dengan membersihkan sungai.

    Harusnya mereka bertanggung jawab. Maka dari itu warga dan DPRD mendesak agar aparat menindak tegas kasus itu terlebih itu akibat limbah perusahaan.(RED)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here