Home Kasongan Cegah Karhutla, Polres Katingan Gencar Sosialisasi ke Masyarakat

Cegah Karhutla, Polres Katingan Gencar Sosialisasi ke Masyarakat

85
0
SHARE

    Katingan- Polres Katingan terus berupaya untuk menekan adanya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah hukumnya. Salah satunya dengan cara melakukan sosialisasi kepada masyarakat baik itu di tingkat Kecamatan, Kelurahan maupun di tingkat Desa.

    Tentunya akibat dampak bencana yang bisa terjadi seperti Karhutla ini bisa memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya untuk selalu menjaga lingkungan bersama-sama. Seperti halnya sosialisasi yang dikakukan Polsek Katingan Hilir yang dilaksanakan di desa Talian Kereng, Kecamatan Katingan Hilir, Selasa (21/8).

    Kegiatan yang dipimpin oleh Kapolsek Katingan Hilir Iptu Nurheriyanto bersama anggotanya dan diikuti oleh Kades Talian Kereng, Ketua BPBD dan anggotanya, Mantir Adat, Ketua RT, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh agama, serta masyarakat setempat.

    “Pelaksanaan sosialisasi ini menghimbau agar masyarakat tidak membuka ladang perkebunan dengan cara membakar. Karena dampak dari kebakaran sangat berbahaya yaitu kerusakan ekosistem, kabut asap sehingga nantinya dapat menyebabkan penyakit seperti gangguan pernapasan kepada masyarakat maupun hal lainnya,” terang Kapolres Katingan AKBP Elieser Dharma Bahagia Ginting melalui Kapolsek Katingan Hilir Iptu Nurheriyanto.

    Nurheriyanto menegaskan, apabila terjadi kebakaran dan sengaja atau tidak sengaja akan berdampak hukum dan akan ada sanksi pidana yang akan diterapkan.

    “Tujuan ini tidak lain untuk kesadaran masyarakat dalam berkebun atau lainnya dengan tidak membakar lahan,” singkatnya.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here