Home Lintas Kalteng 26 Kali Water Bombing, Api Masih Berkobar

26 Kali Water Bombing, Api Masih Berkobar

247
0
SHARE

    Kotawaringin Timur- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah selatan Kabupaten Kotawaringin Timur hingga saat ini masih terjadi, meski pihak Satgas Karhutla Kotim dan Provinsi terus melakukan pemadaman. Bahkan sudah 26 kali woter bombing dilakukan pada Jumat (20/7).

    “26 kali woter bombing dilakukan menggunakan helikopter, yakni 17 kali pada pagi hari, dan 9 kali pada siang hari,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim, M Yusup.

    Pemadaman kebakaran lahan menggunakan helikopter sendiri sudah dilakukan dalam dua hari terakhir. Namun hingga kini api masih belum bisa dijinakkan. Bahkan meluas hingga diperkirakan mencapai 100 hektar yang terbakar. “Untuk hari ini 104.000 M3 air digunakan untuk memadamkan kebakaran lahan dengan 26 kali keberangkatan,” terangnya.

    Pemadaman melalui jalur udara dilakukan karena lahan yang terbakar sangat sulit dijangkau melalui jalur darat. Apalagi jalur yang tersedia hanya lima kilo meter saja bisa dilintasi menggunakan kendaraan. Sisanya harus jalan kaki beberapa kilometer.

    Belum lagi air di daerah tersebut juga sangat sulit didapatkan. Karena parit yang ada disekitar sudah mengakami kekeringan, sehingga pemadamanpun sangat sulit dilakukan.(RMD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here