Home Kalteng 24 Jam Sengaja Dibakar Pemburu Satwa Liar, Lahan Seluas 10 Hektare di TN Tanjung...

Sengaja Dibakar Pemburu Satwa Liar, Lahan Seluas 10 Hektare di TN Tanjung Puting Terbakar

277
0
SHARE

    Kotawaringin Barat- Sekitar 10 hektare lahan terbuka di daerah Natai Tengah, Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), Kabupaten Kotawaringin Barat terbakar hebat sejak Sabtu (14/7). Habitat orang utan terbesar di dunia ini mulai terbakar sejak sore.

    Manager Kalimantan Friends of the National Parks Foundations (FNPF), Basuki Budi Santoso menuturkan, dirinya mendapatkan laporan kebakaran lahan terbuka di TNTP sekira pukul 16.00 WIB, dan pada Minggu (15/7) pagi bersama petugas OFI dan Balai TNTP berangkat menuju lokasi kebakaran tersebut.

    “Kalau dilihat dari sungai apinya kelihatan dekat, tapi saat masuk jauh ke dalam, karena kita harus buka akses baru jalur darat dan rawa,” ujar Basuki.

    Basuki mengatakan, tim gabungan masuk melalui sungai mengunakan kelotok, kemudian masuk ke hutan dan rawa yang masih rimbun. Sekira pukul 14.00 WIB perjalanan dimulai jalur darat menuju lokasi dengan jarak sekitar 4 hingga 5 kilometer dan sampai di lokasi kebakaran sekitar pukul 16.00 WIB.

    “Kita hanya berbekal peralatan kepyok alat pemukul api dan jetshooter, sulitnya sumber air di lokasi menjadi kendala pemadaman, api berhasil dipadamkan pada Minggu malam sekitar pukul 21.00 WIB,” tuturnya.

    Menurut Basuki, kebakaran lahan terbuka padang ilalang tersebut hampir memasuki hutan lebat. Api diduga sengaja dibakar oleh pemburu satwa, pasalnya satwa seperti rusa sangat menyukai memakan tunas baru tumbuh dari hasil pembakaran.

    “Saat ini kita siaga terus dengan besinergi dengan semua stakeholder dengan saling memberi informasi,” pungkasnya.(RMD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here