Home Lintas Kalteng Diduga Sengaja Dibakar Pemiliknya, Lahan Gambut Seluas 3 Hektare Ludes Terbakar

Diduga Sengaja Dibakar Pemiliknya, Lahan Gambut Seluas 3 Hektare Ludes Terbakar

159
0
SHARE

    Palangkaraya- Tiga hektar lahan gambut kembali terbakar di Jalan Mahir Mahar lingkar luar, kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (13/7) siang. Api dengan cepat membakar semak belukar kering yang sebelumnya dibersihkan pemiliknya.

    Kencangnya tiupan angin membuat tim pemadam kebakaran yang terdiri dari Manggala Agni, BPBD dan TNI, kewalahan memadamkan api tersebut. Belum lagi sulitnya mendapatkan sumber air di lokasi kebakaran yang mencapai tiga ratus meter dari jalan utama, membuat petugas melakukan pemadaman secara manual.

    Akibat upaya pemadaman yang sulit tersebut akhirnya oetugas harus mengerahkan helikopter water bombing guna melakukan pemadaman dari udara, karena kebakaran terus meluas.

    Serma Nurkholis, petugas gabungan mengungkapkan, kesulitan yang dialami untuk memadamkan api yang sudah meluas ini, karena sulitnya mendapatkan sumber air, sehingga dirinya meminta bantuan ke posko Lanud untuk melakukan water bombing.

    Dugaan sementara lahan tersebut sengaja dibakar oleh pemiliknya untuk areal perkebunan baru, di lokasi juga menemukan satu unit alat berat ekskavator yang diduga sebagai alat untuk menggarap lahan tersebut.(RMD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here