Home Kalteng 24 Jam Gempa 4,2 SR Guncang Katingan

Gempa 4,2 SR Guncang Katingan

204
0
SHARE

    Katingan- Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara H Asan Sampit, Nur Setiawan menyampaikan informasi terbaru terkait getaran yang terjadi di Kasongan, Kamis (12/7) siang.

    Data dari Stasiun Geofisika Balikpapan dan membenarkan terjadinya gempa tektonik di Kasongan. “Dari hasil analisis BMKG menunjukkan adanya gempa tektonik berkekuatan 4,2 Skala Richter. Dengan episenter terletak di koordinat 1,87 Lintang Selatan dan 113,43 Bujur Timur, tepatnya 70 km Barat Laut Kota Palangkaraya, pada kedalaman 5 km,” kata Setiawan.

    Gempa bumi dirasakan di daerah Katingan dalam skala intensitas IISIG-BMKG atau (III-IV MMI). Getaran itu bahkan menghebohkan warga yang berhamburan ke luar rumah.

    “Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” terangnya.

    Dia melanjutkan, pihaknya masih belum dapat memastikan ada atau tidaknya gempa susulan. Namun masyarakat diimbau tetap tenang dan terus mengikuti arahan dari Badan Pengawasan Bencana Daerah dan BMKG setempat.

    Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan, Rumbun juga mengakui jika getaran yang mirip gempa itu juga terjadi di Kantor Bank Kalteng Cabang Kasongan.

    Bahkan akibat getaran itu menyebabkan dinding di salah satu ruang kantor itu retak. Getaran ini juga menyebabkan sebagian karyawan bank tersebut ke luar ruangan. Dari informasi yang diperoleh, selain di wilayah Kecamatan Katingan Hilir, getaran juga terjadi wilayah Kecamatan Pulau Malan.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here