Home Lintas Kalteng Hari Ini Sidang Pleno Penetapan Hasil Perhitungan Suara Pilwakot Digelar

Hari Ini Sidang Pleno Penetapan Hasil Perhitungan Suara Pilwakot Digelar

143
0
SHARE

    Palangkaraya- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah akan melaksanakan sidang pleno penetapan hasil perhitungan suara pilkada kota setempat hari ini (5/7).

    “Jadwal pleno rekapitulasi hasil pilkada dapat dilaksanakan antara tanggal 4-6 Juli. Dari tanggal itu kami menetapkan akan melaksanakan pleno pada tanggal 5 Juli atau hari ini mulai pukul 09.00 WIB sampai selesai,” kata Komisioner KPU Kota Palangkaraya, Ngismatul Choiriyah, Rabu.

    Dia menerangkan, rapat pleno tersebut akan mencakup tiga agenda yakni rekapitulasi, penetapan hasil penghitungan suara dan pengumuman hasil rekapitulasi kepada publik yang akan di tempatkan di halaman kantor KPU Kota Palangkaraya.

    Ngismatul menambahkan, pleno rekapitulasi hasil suara ini hanya akan dihadiri pihak KPU Kota Palangkaraya, anggota Panwaslu Kota, PPK se-Palangkaraya serta dua saksi dari masing-masing pasangan calon peserta pilkada.

    “Sementara untuk para calon nanti akan kita undang pada saat penetapan dan pengumuman pemenang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangkaraya 2018 pada 8 Juli,” jelasnya.

    Choiriyah menerangkan, pada rapat pleno rekapitulasi tersebut, PPK masing-masing kecamatan sesuai urutan yang ditentukan akan membuka kotak surat suara dan mengambil formulir DKWK dan D1KWK.

    Usai formulir diambil, petugas PPK akan membacakan isi formulir tersebut yang diantaranya mencakup jumlah DPT, surat suara terpakai, surat suara sah, surat suara rusak dan tidak sah secara rinci di masing-masing TPS di kecamatan tersebut.

    “Pelaksanaan pleno rekapitulasi penghitungan suara tersebut dijadwalkan dimulai dari dengan DPT terkecil ke kecamatan yang DPTnya banyak. Nanti tugas kami hanya mencatat yang dibacakan PPK saja,” katanya.

    Saat ini pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak keamanan dalam rangka pengamanan jalannya rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Palangkaraya 2018.

    Pihaknya pun berharap seluruh proses dapat berjalan aman dan lancar sehingga penetapan penetapan dan pengumuman pemenang Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palangkaraya dapat dilaksanakan sesuai rencana.(RMD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here