Home Kasongan Diguyur Hujan, Jalan Trans Kalimantan Katingan Terendam Banjir

Diguyur Hujan, Jalan Trans Kalimantan Katingan Terendam Banjir

347
0
SHARE

    Katingan- Beginilah kondisi jalan Trans Kalimantan KM 37 yang terletak di Desa Hiyang Bana, Kecamatan Tasik Payawan, Kabupaten Katingan. Jalan tersebut mirip kolam kubangan bagi kendaraan roda empat. Sementara untuk sepeda motor, warga bergotong royong membuat jalan sementara menggunakan papan agar bisa melintas.

    Tapi bukan perkara mudah melewati jalan ini. Banyak kendaraan roda empat yang terjebak dan mogok, karena jalan tersebut juga rusak parah karena sering dilanda banjir. Sementara untuk pengendara sepeda motor, terpaksa harus berhenti ketika truk besar melintas, karena arus air bisa menyebabkan terjatuhnya pengendara.

    “Mau gak mau dipaksakan melintas jalan ini. Meski membahayakan, tapi biar dapur ngebul. Karena banjir ini bisa berlangsung lama,” jelas Jahri, pengendara sepeda motor yang juga pedagang.

    Sementara itu Oman, warga sekitar, menyebutkan curah hujan yang tinggi menyebabkan jalan terendam air setinggi 70 centimeter sampai 1 meter. “Kami meminta sukarela pengendara yang melintas memberikan uang, untuk mengganti papan yang digunakan untuk jalan sementara,” jelasnya.

    Tak hanya itu, kurangnya perhatian pemerintah kabupaten Katingan, menyebabkan warga kesulitan melintas. “Parit di samping jalan tidak pernah dibersihkan. Belum lagi perusahaan sawit yang membuang limbah di parit itu juga,” tegasnya.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here