Home Kuala Kapuas 4 Warga Kapuas Terindikasi Menderita Penyakit Lumpuh Layu

4 Warga Kapuas Terindikasi Menderita Penyakit Lumpuh Layu

277
0
SHARE

    Kapuas- Sebanyak 4 orang warga Kabupaten Kapuas ditemukan menderita penyakit lumpuh layu. Penderita ditemukan saat tim Dinas Kesehatan setempat melaksanakan program ketuk pintu sehat dengan mendatangi langsung ke rumah-rumah warga.

    Program ketuk pintu sehat yang dilaksanakan tim Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dalam rangka untuk melihat langsung kondisi kesehatan masyarakat. Nah, saat tim berkunjung ke Desa Gawing Kecamatan Mantangai dan Desa Terusan Raya Kecamatan Bataguh, mereka menemukan 4 orang warga yang penderita penyakit lumpuh layu.

    “Empat orang penderita lumpuh layu yang kita temukan ini masing-masing merupakan kakak beradik,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Apendi.

    Menurut Apendi dari 4 penderita lumpuh layu ini 1 orang diantaranya ada kemungkinan akan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas untuk dilakukan fisiotrafi.

    “Khusus di Mantangai anak lumpuh layu umur 13 tahun ada kemungkinan kita fisioterafi ke RSUD Kapuas agar bisa berdiri dan beraktifitas, untuk BPJS-nya akan kita bantu urus ke Dinas Sosial,” ujarnya.

    Sedangkan 3 orang penderita penyakit lumpuh layu lainnya petugas kesehatan akan selalu memonitor kesehatannya dan akan dibantu peralatan untuk melakukan aktivitas. “Kendalanya dia cacat permanen, tapi kita bantu alat-alat untuk melakukan aktivitas,” terang Apendi.

    “Hal ini jangan sampai terulang lagi digenerasi berikutnya. Inilah pentingnya imunisasi bagi bayi dan anak. Jadi, masyarakat harus sadar pentingnya imunisasi, dan petugas kesehatan dilapangan juga harus pro aktif dan jemput bola,” tambahnya.(ROM)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here