Home Lintas Kalteng 3 Titik Api Terpantau di Kalteng

3 Titik Api Terpantau di Kalteng

100
0
SHARE

    Kotawaringin Barat-  Panasnya cuaca belakangan ini kembali memunculkan hotspot atau titik api di tiga lokasi yang merupakan wilayah tugas Manggala Agni Daops III Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

    Berdasarkan data informasi hotspot Kalteng yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalan Bun, dari pantauan Minggu (10/6) mulai pukul 07.00 WIB hingga Senin (11/6) pukul 06.00 WIB, terpantau tiga titik hotspot.

    Dengan rincian, dua hotspot berada di Kabupaten Sukamara dan satu hotspot berada di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

    Kepala Daops III Manggala Agni Pangkalan Bun Binsar Oktavianus Togatorop menjelaskan, sejak Minggu munculnya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sudah diketahui dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun sudah melakukan pemadaman.

    “Berdasarkan laporan sementara hotspot yang muncul di wilayah Sukamara berada di Desa Kertamulya dekat Camp Vigilant Howe yang berada di Kilometer 17/18 dan berada di sekitar kawasan Suaka Margasatwa (SM) Sungai Lamamdau,” jelas Binsar.

    Menurut info yang didapatkan, lanjut Binsar, petugas yang langsung turun ke lapangan dan memadamkan api yang berasal dari Resort SM Sungai Lamandau dan Orangutan Foundation United Kingdom (OFUK).

    “Sejak pagi tadi, tim kembali lagi ke kawasan yang terbakar untuk melakukan pengukuran luasan lahan yang terbakar. Selain itu untuk di Kabupaten Kotim, dari laporan yang masuk hotspot muncul di Kecamatan Telawang. Lantaran jauhnya lokasi yang terbakar hingga saat ini masih belum diketahui perkembangannya. Kemarin tim satgas karhutla di Kotim sudah berkoordinasi untuk melakukan upaya pemadaman,” jelas Binsar.(RMD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here