Home Lintas Kalteng Makanan di Pasar Ramadan Pulpis Aman Dikonsumsi

Makanan di Pasar Ramadan Pulpis Aman Dikonsumsi

94
0
SHARE

    Pulang Pisau- Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kalimantan Tengah bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, melakukan sidak ke pasar Ramadhan dan tradisional wilayah Pulang Pisau.
    Kegiatan tersebut dalam rangka melakukan pengecekan kualitas makan-makan yang beredar diwilayah tersebut dari bahan-bahan yang berbahaya.

    “Hari ini kita berkesempatan mendampingi pihak BPOM untuk menggelar sidak di pasar Ramadhan dan pasar patanak,” ucap Kepala Dinkes Pulpis, Muliyanto Budihardjo.

    Kegiatan yang diselenggarakan pihak BPOM ini merupakan program yang dilakukan pihaknya secara rutin setiap tahunnya terutama pada bulan Ramadhan untuk mengecek (ambil sampel) bahan makanan di sejumlah pasar yang ada di wilayah Kalimantan Tengah .

    “Digelarnya sidak ini guna memastikan tidak atau adanya kandungan bahan berbahaya yang terdapat di sejumlah makanan, baik di lokasi pasar ramadhan maupun di lokasi pasar Patanak,” kata Muliyanto.

    Ia menambahkan, selain mengambil sambel sejumlah bahan baku makanan yang ada di pasar Ramadhan, pihaknya juga melakukan pemeriksaan di sejumlah ruko, guna memastikan tidak ada makanan yang expired (kadaluarsa).

    “Ya kita berharap selama bulan Ramadhan tidak ada pars pedagang yang nakal dalam pengolahan makanan mengunakan bahan berbahaya seperti pewarna buatan, formalin dan bahan berbahaya lainnya,” tandasnya.

    Sementara itu Kepala BPOM Kalteng Trikoranti Mustikawati menyebutkan dari hasil uji sampel sejumlah makanan yang dijual di pasar Ramadhan ini semuanya bebas dari bahan atau zat berbahaya.

    Ia juga mengungkapkan memang ada temuan-temuan yang harus diteliti lebih lanjut di lapak jualan yang ada di pasar tradisional Pulpis yang mengandung bahan-bahan bahaya.

    “Itu terlihat setelah kita melihat hasil uji laboratorium, dan kita katakan makanan yang ada di pasar Ramadhan aman dikonsumsi. Tapi kita juga menemukan beberapa jenis jualan masyarakat yang perlu di uji dengan teliti,” ungkapnya.(AGN)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here