Home Kuala Kapuas Dijaga Oknum Penegak Hukum, Gudang Pasir Puya Ilegal Terus Kuras SDA Kabupaten...

Dijaga Oknum Penegak Hukum, Gudang Pasir Puya Ilegal Terus Kuras SDA Kabupaten Kapuas

303
0
SHARE

    Kapuas- Daerah Sungai Muroi, dikenal sebagai penghasil pasir puya terbaik di Kakimantan Tengah. Tak heran, ratusan ton pasir puya dalam setiap minggunya terbang ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melalui Kereng Pangi. Para pengusaha pasir puya ilegal ini menggunakan dokumen terbang.

    Kenapa disebut ilegal, karena mereka tidak memiliki lahan resmj untuk dieksploitasi. Tapi mereka tetap menggarap lahan tersebut, karena tidak ada aparat pemegak hukum yang mampu menertibkannya. “Para pemgusaha pasir puya ilegal sudah kongkalingkong dengan aparat penegak hukum. Bahkan dalam pengirimamnya pun selalu aman, tanpa ada penangkapan. Padahal mereka menggunakan dokumen terbang,” jelas salah seorang pekerja angkut.

    Sementara menurut warga sekitar, gusang tersebut selalu aman dari razia karena dijaga aparat penegak hukum. “Sepertinya selalu dijaga oleh aparat penegak hukum. Para pengusaha selalu dibekingi oknum berseragam,” ujarnya.

    Di gudang pun selalu tersedia dump truk untuk mengangkut pasir puya yg akan dikirim. Bahkan, truk yang digunakan bernomor polisi dari luar Kalimantan Tengah, H 1968 EY dan B 9031 FQB .

    “Pengiriman dilakukan pada menjelang tengah malam. Karena harus melewati wilayah hukum polres lain,” tutup warga.(ABD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here