Home Kuala Kapuas Gunakan “Dokumen Terbang”, Ratusan Ton Pasir Puya Dari Tambang Tanpa Izin Dijual...

Gunakan “Dokumen Terbang”, Ratusan Ton Pasir Puya Dari Tambang Tanpa Izin Dijual Keluar Kalteng

447
2
SHARE

    Kapuas- Gudang pasir puya atau sirkon di Daerah Aliran Sungai Muroi, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, makin menjamur. Hampir setiap beberapa ratus meter terdapat dua hingga tiga gudang.

    Dalam gudang tersebut terdapat ratusan pasir puya yang sudah dikemas dalam karung. Tidak seperti gudang lainnya yang tertutup, bangunan gudang ini terbuka dengan aktivitas yang bisa dilihat warga yang melintas.

    Tapi hingga saat ini, gudang tersebut belum pernah terkena razia dari aparat penegak hukum. Bahkan menurut warga sekitar, aktivitasnya kalau sedang padat bisa 24 jam penuh. “Truk dan perahu bisa bolak balik ke gudang tersebut mengangkut pasir puya,” jelasnya.

    Sungai Muroi memang dikenal dengan kualitas pasir puya terbaik di Kalimantan Tengah. Tak heran, gudang ini difungsikan sebagai penampung pasir puya dari seluruh wilayah di Kabupaten Kapuas.

    Para pekerja sendiri mengatakan, pasir puya akan dikirim ke Kereng Pangi atau Banjarmasin dengan dokumen terbang. “Kami tidak punya lahan untuk ditambang, kami hanya mengumpulkan dan menjualnya saja. Jadi dokumen terbang berguna ketika ada razia di jalan,” katanya.(ABD)

    2 COMMENTS

    1. Logikanya saja jika org beraktivitas 24 jam penuh sepertinya tdk masuk akal. Seolah-olah MEDIA INI mengarang cerita. Mengenai potret gambar yg diambil diatas, sangat jelas gambar itu diambil secara diam2 dan sangat hati-hati.

    2. Dari segi penulisan sdh bagus, namun nama penulisnya harus dicantumkan beserta fotonya, biar berita itu menjadi kuat dan bisa diterima dan seolah-olah biar berita tdk mengada-ada ada.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here