Home Kuala Kapuas Info Razia Sengaja Dibocorkan, Puluhan Mesin Dompeng dan Ekskavator di Tambang Ilegal...

Info Razia Sengaja Dibocorkan, Puluhan Mesin Dompeng dan Ekskavator di Tambang Ilegal Tetap Aman

373
0
SHARE

    Kapuas- Puluhan unit mesin diesel atau dompeng terlihat menumpuk di kawasan pinggir hutan di Desa Bajuh, Kapuas Tengah, Kalimantan Tengah. Mesin-mesin ini akan beroperasi ketika ekskavator bisa kembali masuk hutan.

    Berdasarkan pantauan poroskalteng.com, para pemilik tambang emas ilegal sudah mendapatkan informasi razia PETI yang dilakukan kepolisian. Terbukti, puluhan ekskavator yang biasanya beroperasi selama 24 jam sudah disembunyikan di dalam hutan jauh dari lokasi tambang tanpa izin tersebut.

    Para pekerja berbaur dengan warga desa untuk menghindari para petugas kepolisian. Salah satu pekerja menuturkan, para pemilik tambang sudah mengetahui informasi razia dari petugas kepolisian setempat. “Para bis sudah dikasih info, artinya razia sudah bocor dulu. Makanya ekskavator disembunyikan ke dalam hutan. Sementara kami para pekerja disuruh berbaur dengan warga desa,” ungkapnya.

    Tak heran, razia yang dilakukan personel kepolisian selalu gagal. Mereka hanya mendapatkan lokasi tambang emas ilegal yang kosong.

    Bahkan salah satu warga desa yang enggan disebutkan namanya menuturkan, polisi yang melakukan razia seperti sudah dipandu ke tempat yang aman. “Padahal ekskavator dan mesin disembunyikan ke dalam hutan,” jelasnya.

    Tak hanya itu, sebelum razia dilakukan, informasi itu sudah bocor seminggu sebelumnya ke para pemilik tambang dan alat berat. “Kalau begini terus, percuma juga ada razia,” tutupnya.(ABD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here