Home Lintas Kalteng Gawat! Sanksi Untuk PT Mustika Sembuluh Hanya Senilai Rp577 Juta, Pihak Perusahaan...

Gawat! Sanksi Untuk PT Mustika Sembuluh Hanya Senilai Rp577 Juta, Pihak Perusahaan Sawit Tetap Minta Keringanan

80
0
SHARE

    Palangkaraya- Dewan Adat Dayak (DAD) menggelar sidang damai dengan PT Mustika Betang Eka Tingang Nganderang. Hasilnya, pimpinan sidang memberikan sanksi adat sebanyak Rp577 juta lebih.

    Ketua Dewan Adat Dayak, Agustiar Sabran menjelaskan, sanksi tersebut bukanlah berupa uang. “Sanksi yang kami berikan kepada PT Mustika Sembuluh sebanyak 1511 Katiramu dan berbagai pesta adat, namun kalau diuangkan kurang lebih berjumlah Rp577 juta lebih,” ujar Agustiar, Senin (14/5).

    Sebelumnya, tim penuntut pelanggaran (mandawa) hukum adat meminta sanksi adat sebanyak 1599 Katiramu atau lebih dari Rp577 juta terhadap PT Mustika Sembuluh.

    Namun perwakilan PT Mustika Sembuluh meminta keringanan sanksi kepada majelis hakim sidang.

    “Kami meminta dalam persidangan perdamaian adat ini keringanan sanksi yang ditujukan kepada kami dan juga melalui mekanisme perdamaian ini kami meminta mendapatkan kesepakatan dengan seadil-adilnya,” kata Buatko Andono yang menjabat Senior Manajer PT Mustika Sembuluh sekaligus perwakilan terdakwa PT Mustika Sembuluh.

    Menanggapi permintaan terdakwa, Marcos Tuan selaku pimpinan sidang Adat Perdamaian menskros sidang selama 30 menit dan mempertimbangkan permintaan terdakwa.

    “Setelah berdiskusi selama kurang lebih 30 menit, kami menilai ini adalah yang terbaik untuk kedua belah pihak,” ujar Marcos.(AGN)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here