Home Kuala Kapuas Dana Desa Untuk Sembako Murah Malah Dibelikan Alat Musik, Warga Desa Danau...

Dana Desa Untuk Sembako Murah Malah Dibelikan Alat Musik, Warga Desa Danau Rawah Protes

343
0
SHARE

    Kapuas- Presiden Joko Widodo mengatakan, program dana desa merupakan salah satu andalan pemerintah untuk membangun desa dan mengurangi ketimpangan.

    Hal tersebut dikemukakan Jokowi melalui akun resminya, @Jokowi, 18 Oktober 2017.

    Jokowi mengatakan, program ini sudah berada pada jalur yang tepat. “Tapi yang harus diingat, dari 74.000 desa yang ada di Indonesia, tidak mungkin bagi pemerintah untuk mengawasi jalannya pemanfaatan dana desa satu per satu,” kata Jokowi.

    Jokowi berpesan agar para kepala desa melibatkan masyarakat dalam menentukan pemanfaatan dana desa.

    “Apa pun pemanfaatan dana desa tersebut, diperbolehkan sepanjang itu untuk hal-hal produktif yang dapat memajukan perekonomian desa,” ujar Jokowi.

    Tapi imbauan kepala negara sepertinya dianggap angin lalu. Rencana penggunaan Dana Desa Danau Rawah, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas tahun 2017 di bidang pemerdayaan masyarakat dalam ekonomi melalui bantuan keuangan kepada BUMDes melalui program sembako murah. Tapi nyatanya pemanfaatannya berbeda dengan usulan yang dikemukakan masyarakat.

    Warga desa yang ditemui poroskalteng.com banyak yang kecewa dengan ulah para pejabat desa. Dana Desa yang harusnya untuk meningkatkan perekonomian warga, malah digunakan untuk hal yang tidak penting. “Di saat warganya masih banyak yang kesusahan, malah Dana Desa dibelikan
    peralatan musik dan sound systemnya. Padahal warga membutuhkan sembako murah,” jelas warga yang namanya enggan disebutkan, Rabu (9/5).

    Menurut warga, pembelian alat musik dan sound system itu tidak ada diskusi dengan masyarakat. “Perangkat desa main seenaknya saja membeli tanpa ada diskusi dengan warga. Atau memang sengaja untuk kepentingan pribadi saja,” jelas warga lainnya.

    Seperti diketahui, bantuan keuangan kepada BUMDes melalui Dana Desa adalah Rp100.500.000 (seratus juta lima ratus ribu rupiah) . Tapi kenyataannya diganti menjadi pembelian alat musik yang diperkirakan sekitar Rp40.000.000 (empat puluh juta rupiah). “Kami mempertanyakan kemana dana bantuan kepada BUMDes yg tersisa Rp60.500.000 (enam puluh juta lima ratus ribu rupiah). Jangan sampai masuk kantong para perangkat desa itu,” jelasnya.

    Masyarakat berharap penggunaan Dana Desa harus sesuai dengan instruksi yanh diberikan oleh Presiden Joko Widodo untuk program yang memajukan masyarakat desa.(ABD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here