Home Kuala Kapuas Status Guru Kontrak Dengan Fasilitas Banyak yang Rusak, SMPN 3 Mantangai Seperti...

Status Guru Kontrak Dengan Fasilitas Banyak yang Rusak, SMPN 3 Mantangai Seperti Dianaktirikan

442
0
SHARE

    Kapuas- Guru merupakan aset penting untuk mengakses pendidikan. Tapi terkadang pemerintah lupa akan nasib para guru, terutama bagi guru yang bertugas di pelosok atau pedalaman.

    Seperti yang dialami SMPN 3 Matangai yang terletak di Desa Danau Rawah, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Sekolah menengah yang terletak di pelosok Kapuas ini masih kekurangan tenaga pendidik alias guru. Belim lagi status para guru.

    SMPN 3 Mantangai memiliki 7 guru. Tapi kesemuanya belum berstatus pegawai negeri sipil (PNS), tapi masih berstatus kontrak. Meski semua tenaga pendidik di sini memiliki gelar sarjana pendidikan. Hal tersebut diungkapkan Ririn, salah satu guru kontrak yang juga menjabat Kepala Sekolah.

    “Kami seperti dianaktirikan, padahal kami di sini berjuang juga untuk memajukan pendidikan di pelosok. Tak hanya mengajar, saya juga diberi tanggungjawab memimpin sekolah ini dengan 38 murid,” jelasnya.

    Apa yang dibebankan memang terlalu tinggi. Menurut Ririn, pejabat sementara Kepala Sekolah memang ada yaitu Ibu Mustika. “Beliau juga menjabat pengawas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas. Jadi saya yanh dikasih wewenang untuk hari-hari,” jelasnya.

    Tak hanya status pegawai, para guru juga mengeluhkan fasilitas yang menunjang belajar mengajar. “Kantor, perpustakaan dan perumahan guru sudah banyak yang rusak. Dan itu belum ada perbaikan hingga saat ini,” ungkap guru-guru lainnya.

    Di tempat terpisah, warga desa juga mengeluhkan keberadaan Kepala Tata Usaha SMPN 3 Mantangai. “Beliau iti seperti orang sibuk, kalau datang hanya pas jadwal gajian saja. Seharusnya kan tiap hari ada di sekolah,” jelas warga yang enggan namanya disebutkan.

    Para guru berharap, Pemerintah Kabupaten Kapuas dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bisa meningkatkan status para guru dan memperbaiki fasilitas yang dimiliki sekolah ini.(ABD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here