Home Kalteng 24 Jam Peras Warga Kasongan, Polisi Tangkap TNI Gadungan

Peras Warga Kasongan, Polisi Tangkap TNI Gadungan

177
0
SHARE

    Katingan- Personel Resmob Polres Kagingan dan Polda Kalteng dibantu Polres Tangerang Kota berhasil menangkap pelaku dugaan tindak pidana ITE, Vera Saputra (26) warga Kelurahan Cibodas Sari, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Banten, Jumat (4/5).

    Pelaku saat berkenalan berpura-pura sebagai anggota TNI untuk mengelabui mangsanya warga Kota Kasongan, Kecamatan Katingan Hilir, Kabupten Katingan.

    Kapolres Katingan AKBP Eliester Dharma Bahagia Ginting SH, SIK, MH membenarkan penangkapan pelaku dugaan tindak pidana ITE atas laporan korban terhadap pelaku Vera Saputra, warga Kota Tangerang.

    Menurut Kapolres, korban berkenalan dengan pelaku melalui media sosial aplikasi HELLO YO dengan nama (Q EFRY ) yang mengaku sebagai anggota TNI.

    Usai saling kenal, kemudian korban dan pelaku berlanjut hubungan saling bertukar nomor HP sampai melakukan videocall via Whatsapp, namun selama korban melakukan videocall si pelaku ini tidak pernah menampakkan wajahnya.

    Tak disangka bahwa pelaku ini ternyata mengambil tangkapan layar (screenshot video) saat korban tidak mengenakan pakaian.

    “Akibatnya, pelaku meminta uang secara bertahap dengan total Rp 5 Juta kepada korban, jika tidak diberi akan mengancam menyebarkan video hasil editan dengan rangkaian foto tanpa busana korban tersebut,” terangnya.

    Namun menurutnya, pelaku tidak puas dengan uang yang sudah diberi dan pelaku kembali meminta uang sebanyak Rp 8 Juta dalam tempo waktu 2 hari dan kembali mengancam akan menyebarkan video tersebut.

    Naasnya, ketika korban ini tidak mau lagi mengirimkan uang yang diminta pelaku karena tidak memiliki uang dan langsung menyebarkan video hasil editan dengan rangkaian foto tanpa busana korban ke media sosial Youtube dengan akun channel TNA jabrik sebanyak 3 video. Merasa keberatan dan dirugikan maka korban melaporkan kejadian tersebut ke Polres Katingan.

    “Kemudian, saat itu personil Polda Kalteng dan Polrestro Tangerang Kota melakukan pencarian terhadap nomor Handphone (HP) pelaku. personil mendapatkan alamat pelaku, maka anggota langsung menuju lokasi untuk melakukan penangkapan,” ucapnya.

    Pelaku dikenakan tindak pidana ITE pasal 45 Ayat (1) Jo pasal 27 Ayat (1) Jo pasal 45 Ayat (4) Jo pasal 27 Ayat (4) UU RI 19/2016 tentang Perubahan Atas UU RI 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, diancam diatas 5 tahun penjara.(RMD)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here