Home Kalteng 24 Jam 4 Panel PLTS Tumbang Kanei Raib Digondol Maling

4 Panel PLTS Tumbang Kanei Raib Digondol Maling

154
0
SHARE

    Katingan- Empat unit panel pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di Desa Tumbang Kanei, Kecamatan Sanaman Mantikei, Kabupaten Katingan, digondol maling. Raibnya empat unit panel PLTS ini mengakibatkan lebih dari 86 rumah penduduk desa itu gelap gulita sejak tiga bulan lalu.

    “Hari ini saya akan melaporkan secara resmi kepada Pjs Bupati Katingan terkait kerusakan PLTS itu yang salah satu penyebabnya karena beberapa perangkat panel PLTS hilang,” ujar Kepala Desa Tumbang Kanei Rujianto, Selasa (8/5).

    Menurut Rujianto, sebelumnya PLTS di desanya menyala 24 jam dan menerangi sebanyak lebih dari 86 rumah penduduk ditambah lampu penerangan jalan umum.

    Akan tetapi pada akhir 2017, PLTS yang berasal dari bantuan APBN ini byarpet, sehingga saat itu hanya menyala malam hari. Sejak tiga bulan terakhir PLTS berhenti menyala karena ada kerusakan alat, seperti aki.

    “Ditambah lagi dengan hilangnya empat unit panel PLTS itu. Sampai sekarang kami tidak tahu siapa pelakunya,” katanya.

    Sebelumnya, Rujianto dan warga desa sudah melaporkan kepada pihak Polsek Sanaman Mantikei terkait hilangnya empat unit panel PLTS tersebut. Rusaknya PLTS di Desa Tumbang Kanei ini juga sudah sampai ke telinga pihak Dinas Pertambangan Provinsi Kalteng.

    “Kemarin ada petugas Dinas Pertambangan Provinsi Kalteng yang diwakili Pak Oskar dan teman-teman untuk kroscek kerusakan PLTS itu, katanya sih mau dibenahi,” tutur Kades Tumbang Kanei Rujianto.

    Akibat PLTS tidak bisa difungsikan, wargaTumbang Kanei sejak tiga bulan menggunakan lampu teplok untuk penerangan malam hari. “Kasihan kepada anak-anak kami yang sekolah, sebab kalau belajar menggunakan lampu teplok yang tidak terang. Harapan kami warga Tumbang Kanei pemerintah bisa membantu memperbaiki PLTS, atau ke depannya desa kami bisa teraliri listrik PLN,” imbuhnya.(AJS)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here