Home Kuala Kapuas Pemanfaatan Dana Desa Harus Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Pemanfaatan Dana Desa Harus Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

157
0
SHARE

    Kapuas- Kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Kapuas dilakukan pejabat pusat Direktur Pengembangan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi RI, Ir Nyelong Inga Simon bersama DR A Sonny Keraf, anggota Dewan Energi Nasional Komisaris Independen RI.

    “Kunjungan kerja ini dalam rangka pembinaan dan pengawasan dana desa,” kata Kertidipora, Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas, Senin (6/5).

    Menurutnya, dalam Kunker ini dilakukan pertemuan tatap muka di Aula DPMD,  dan dihadiri Kepala Desa se-Kabupaten Kapuas.

    Dalam Kunker ini, pejabat pusat Kemendes itu memberikan berbagai penjelasan seputar teknis pengalokasian dan penggunaan dana desa (DD), sebagaimana aturan dan perundangan yang berlaku.

    Kegiatan ini juga diikuti Kepala Dinas dan pejabat DPMD Kapuas. Dalam kegiatan tersebut nara sumber dari pusat secara bergantian memberikan materi dan penjelasan terkait Dana Desa.

    Nyelong Inga mengingatkan, pengembangan BUMDES merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa, serta merupakan alat pendapatan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa.

    “BUMDES adalah menjadi tulang punggung perekonomian pemerintah desa, guna mencapai peningkatan kesejahteraan warganya,” tuturnya Nyelong Inga Simon.

    Sementara itu, Kepala PMD Kabupaten Kapuas Drs. Ibak Mpd, menjelaskan akan meningkatkan pemanfaatan desa agar ekonomi warga lebih baik. Harapannya ke depan desa-desa lebih bisa mandiri,” pungkasnya.(ROM)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here